Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

4 Tahapan Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik

Cara menanam daun bawang hidroponik terasa lebih mudah dilakukan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Daun bawang sering digunakan sebagai penyedap masakan dan merupakan kebutuhan pokok dalam masakan.

Oleh karena itu, ketika menanam sendiri daun bawang maka kita tidak perlu membeli daun bawang dari pasar atau tukang sayur.

Cara menanam daun bawang hidroponik dengan 4 tahap

Cara tanaman hidroponik sedang menjadi tren di kalangan orang dengan hobi menanam. Cara ini merupakan solusi bagi Anda yang tidak memiliki cukup lahan atau tempat untuk menanam. Salah satu tanaman yang bisa menggunakan teknik ini adalah daun bawang.

Meskipun Anda bisa mendapatkan daun bawang di pasar atau tukang sayur tapi ada baiknya jika Anda menanam sendiri daun bawang di rumah.cara menanam daun bawang hidroponik sederhanacara menanam daun bawang hidroponik menggunakan botol bekas

Berikut adalah kumpulan cara menanam daun bawang:

  1. Persiapan bibit daun bawang

Anda bisa mendapatkan bibit daun bawang dengan mudah karena dengan menggunakan daun bawang biasa maka sudah bisa digunakan sebagai bibit jadi Anda tidak perlu membeli bibit. Kecuali jika Anda ingin menanam daun bawang dalam jumlah banyak maka lebih baik jika Anda membeli bibit di toko pertanian.

Berbeda jika Anda hanya ingin mengonsumsinya sendiri maka Anda bisa memotong bagian bawang daun bawang. Pada umumnya, bagian yang digunakan adalah bagian bawah berwarna putih dengan akar yang masih fresh.

  1. Persiapan media tanam

Cara buat bibit daun bawang selanjutnya adalah menyediakan media tanam dan juga tempat untuk media tersebut. Berbagai wadah dapat digunakan, seperti botol air mineral atau toples bekas.

Akan lebih baik jika menggunakan wadah plastik berwarna putih karena bahan yang berwana justru mengandung bahan berbahaya bagi tanaman nantinya. Setelah itu, bersihkan wadah dan keringkan terlebih dulu. Isi wadah dengan sedikit air kira-kira sampai akarnya terendam.

  1. Penanaman daun bawang

Cara menanam daun bawang secara hidroponik dapat dilakukan dengan mudah. Apabila media tanam telah siap maka Anda bisa memasukkan langsung potongan batang dan akar daun bawang ke dalam wadah yang terisi air. Pastikan jika jumlah air ini sudah pas. Setelah itu, letakkan wadah pada tempat yang terkena cahaya matahari. Tidak harus di bawang terik matahari secara langsung, yang penting tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

  1. Perawatan daun bawang

Meskipun penanaman daun bawang hidroponik ini begitu mudah, tapi Anda juga harus merawat tanaman ini agar bisa tumbuh secara sempurna. Lakukan pengecekan secara rutin dengan memperhatikan tingkat pH-nya. pH yang pas untuk tanaman hidroponik adalah 6.3 sehingga Anda harus bisa mengatur tingkat keasamannya.

Selain itu, pemberian nutrisi melalui pupuk juga harus diperhatikan. Pupuk tanaman hidroponik harus berupa cairan atau larutan. Tidak hanya itu, penggantian air harus dilakukan juga agar tanaman bisa tumbuh subur dan hasil yang diperoleh akan lebih berkualitas.

Demikian cara menanam daun bawang hidroponik dari tahapan persiapan bibit sampai dengan perawatannya yang tepat.