Cara Menambah Berat Badan Bayi

Cara menambah berat badan bayi adalah salah satu tugas ibu yang lumayan sulit. Terkadang banyak sekali bayi yang susah makan dan mendapat asupan gizi yang pas. Hal ini biasanya terjadi jika bayi sudah menginjak 5 sampai 12 bulan hingga akhirnya berganti status menjadi balita. Dan ketika balita, ini akan menjadi tugas lebih berat lagi. Ada tiga alasan mengapa seorang bayi itu kurus.

Tiga Cara Menambah Berat Badan Bayi

Yang pertama, biasanya bayi kurus atau kekurangan berat badan dikarenakan tidak seimbangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Kedua, bayi sedang mengalami masa pertumbuhan tinggi sehingga gerak dan seluruh aktivitasnya memacu kepada tinggi badan. hal ini biasanya dialami oleh bayi yang berumur 6 bulan lebih.

Ketiga, buah hati anda tengah mengalami gangguan kesehatan, contohnya pencernaan. Ini mengakibatkan mereka susah mendapatkan nutrisi dan tak napsu makan.cara menambah berat badan bayi

cara menambah berat badan bayi

Alasan-alasan tersebut dapat kita hindari jika kita secara cermat memperhatikan asupan gizi yang diterima oleh bayi. Untuk melancarkan cara menambah berat badan bayi, tentu kita membutuhkan asupan yang berkualitas. Dalam hal ini, anda sebagai ibu dari buah hati anda harus menjaga kualitas dari asi atau air susu. Asi yang berkualitas akan memberikan buah hati anda nutrisi yang baik. Nutrisi yang baik dapat meningkatkan kualitas bayi anda dan tentunya menambah berat badannya.

Kemudian, kita harus secara pas menjalankan jadwal MPASI (Makanan Pendamping ASI). Biasanya, bayi yang sudah mencapai usia 6 bulan keatas sudah mendapatkan jadwal MPASI sebanyak 2-3 kali sehari. Ini adalah salah satu cara menbah berat badan bayi dengan ampuh. Kalori yang harusnya terkandung dalam MPASI adalah minyak sayu, keju dan lainnya guna menambah tumbuh kembang bayi. Walaupun ini hanya makanan pendamping, namun kita harus pantau nutrisi yang terkandung di dalamnya.

cara menambah berat badan bayi

Kadang kala, para ibu langsung mempercayakan kepada produk makanan bayi yang banyak beredar di pasaran. Produk-produk tersebut kadang kalau masih kurang menunjang bahkan tidak terlalu baik untuk tumbuh kembang bayi. Jika memungkinkan anda dapat membuat sendiri makanan pendamping ASI dari pada membeli produk instan.

Setelah anda melakukan seluruh hal yang sudah disebutkan itu, maka anda sedang melakukannya dengan benar. Terkadang, pertumbuhan bayi tidak bisa langsung didapat dalam beberapa hari saja. Lakukan hal ini secara kontinu. Jika secara kontinu maka akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Akan tetapi perlu diingat bahwa bayi atau balita tidak boleh terlalu gemuk.

Banyak orang yang salah kaprah dan malah menyukai anak yang bertubuh gemuk. Sebenarnya, anak yang bertumbuh gemuk memang sangat menggemaskan. Akan tetapi, jika terlalu  gemuk hal ini akan menyebabkan penyakit jantung koroner sejak kecil. Ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup buah hati anda. Jadi jangan terlalu bersemangat dalam menggemukan badan bayi dengan cara menambah berat badan bayi secara berlebihan.