Daftar isi [720+ Artikel]

6 Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Bola mata memang beragam warnanya tergantung pada negara atau keturunan atau gen dari diri masing-masing individu berasal. Seperti kebanyakan orang Indonesia yang memiliki bola mata hitam atau coklat tua dan orang Amerika yang kebanyakan memiliki bola mata biru atau hijau. Yang tidak berbeda antara satu orang dengan yang lain pada aspek mata adalah warna putih di sekeliling bola mata. Tidak bersih pada warna putih tersebut menjadi masalah jamak bagi banyak orang. Oleh sebab itu, simak beberapa cara memutihkan bola mata secara alami berikut ini.

Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Terlalu sering berhadapan dengan gadget atau komputer iritasi yang membuat bola mata menjadi memerah atau menguning dan tidak putih bersih lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, ikuti beberapa cara mencerahkan bola mata secara alami berikut:

  1. Aplikasikan obat tetes mata

Mata merah yang disebabkan oleh iritasi debu atau kotoran dapat mudah diatasi dengan mengaplikasikan obat tetes mata dengan kandungan ringan sesuai aturan yang tertera dalam kemasan obat tetes tersebut. Setelah mengaplikasikan beberapa tetes kemudian pejamkan mata sesaat dan warna putih pada bola mata Anda pun akan kembali secara berangsur.

  1. Mengonsumsi wortel secara teratur

Kandungan vitamin A dan C dapat membersihkan bercak merah atau kuning pada bola mata yang dapat mengganggu penampilan Anda. Untuk itu, konsumsilah asupan makanan yang mengandung kedua nutrisi tersebut untuk menjaga warna bola mata tetaplah putih bersih. Wortel dapat menjadi pilihan tepat karena wortel memiliki kandungan keduanya.

  1. Mengompres mata dengan air dingin

Air dingin yang digunakan untuk mengompres mata akan mencerahkan warna bola mata. Caranya pun mudah, tinggal campurkan air dengan air es kemudian pakailah kain halus atau tisue ke dalamnya, peras, dan gunakan kain atau tisue tersebut untuk mengompres mata dalam posisi terpejam dan biarkan selama beberapa waktu.cara memutihkan bola mata secara alami cara memutihkan bola mata secara alami

  1. Lebih mengontrol konsumsi minuman berkarbonasi dan berkafein

Masalah berubahnya warna bola mata kebanyakan terjadi karena seseorang mengalami kekurangan cairan. Dan dapat diketahui jika minuman berkarbonasi atau bersoda serta minuman yang berkafein justru dapat menyerap banyak cairan yang terdapat dalam tubuh sehingga bola mata semakin menguning atau memerah.

  1. Hindari beberapa hal yang dapat menyebabkan iritasi

Karena iritasi yang berlebihan dan terjadi secara terus menerus dapat membuat warna putih bola mata menjadi semakin memerah atau menguning, maka sebisa mungkin hindarilah beberapa hal yang dapat menyebabkan iritasi seperti asap rokok atau asap pembakaran, asap kendaraan, debu halus dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mengenakan kaca mata apabila terpaksa harus berada di kawasan dengan penuh beberapa hal tersebut.

  1. Gunakan irisan mentimun

Cara lain yang juga cukup efektif adalah dengan menggunakan irisan mentimun yang sudah dikupas dan didinginkan untuk diletakkan di atas kedua mata dalam kondisi terpejam. Lakukan proses ini kurang lebih selama 15 menit. Selain warna putih pada bola mata kembali, Anda juga dapat mengurangi kantung mata.

Hindari penggunaan langkah atau obat kimia dengan resiko kesehatan besar untuk membuat warna bola mata terloihat lebih putih. Cara memutihkan bola mata secara alami di atas dapat dicoba segera.