Cara Memotong Video dengan Movie Maker (Windows 7 dan Windows 10)

Memotong atau melakukan cut pada video adalah salah satu dari beberapa teknik video editing sederhana. Cropping atau cuting akan menghilangkan beberapa bagian dalam sebuah video sehingga video yang sudah diedit akan berkurang durasinya.

Misalnya saja, Anda memiliki video dengan durasi 10 menit. Jika dicut 30 detik pada bagian pertengahan video, maka durasi video setelah diedit akan menjadi 9 menit 30 detik. Bagian yang telah di-cut juga dapat diganti dengan bagian atau cuplikan dari video lainnya.

Untuk dapat melakukan editing video dengan cara memotong video, Anda dapat menggunakan aplikasi Windows Movie Maker. Movie Maker merupakan salah satu dari beberapa aplikasi editing video yang sangat populer. Tampilannya yang user friendly serta merupakan bawaan dari sistem operasi Windows ini menjadikan Windows Movie Maker memiliki banyak pengguna.cara memotong video dengan movie maker di windows 7 dan di windows 10 Cara Memotong Video dengan Movie Maker di Windows 7 dan Windows 10 Cara Memotong Video dengan Movie Maker di Windows 7 dan Windows 10 windows XP

Banyak aplikasi editing video lain yang lebih kompleks dan memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan Windows Movie Maker. Namun, untuk dapat melakukan cara memotong video, Anda cukup menggunakan Movie Maker karena kapasitasnya yang ringan dan mudah untuk digunakan.

Di bawah ini akan kami jabarkan cara memotong video dengan movie maker. Versi dari Windows Movie Maker yang digunakan antara lain di sistem operasi Windows 7 dan juga Windows 10. Berikut adalah caranya, langsung saja dipraktekkan, ya.

Cara Memotong Video dengan Movie Maker di Windows 7 dan Windows 10

  1. Buka aplikasi Windows Movie Maker yang sudah terinstall di laptop/komputer Anda. Jika belum memiliki Windows Movie Maker, Anda dapat mendownloadnya di internet.
  2. Pilih video yang akan diedit dengan meng-klik “Import Media”.
  3. Pilih videonya, kemudian klik tombol “Import”.
  4. Agar mudah dalam melakukan editing video, Anda dapat menggunakan mode “Timeline” yang terdapat pada aplikasi Windows Movie Maker.
  5. Drag and drop video yang berada di tengah tampilan ke dalam Timeline (berada di paling bawah tampilan).
  6. Letakkan garis tanda yang warnanya hijau (atau mungkin berwarna lain di perangkat milik Anda) ke dalam bagian yang akan dipotong, kemudian klik “Split”.
  7. Catatan, Anda dapat memotong video pada bagian mana saja, baik itu awal, tengah, atau akhir video.
  8. Pastikan bagian tersebut adalah bagian yang ingin di-cut, klik kanan kemudian pilih “Remove” atau tekan tombol “Del” pada keyboard.
  9. Bagian yang sudah dicut akan terbuang, dan bagian setelahnya akan secara otomatis tersambung dengan bagian lainnya.
  10. Klik “Save” atau “Publish”. Video telah berhasil di-cut.