Cara Memijat Bayi yang Benar dan Aman

Apakah Anda sedang memiliki bayi dan ingin belajar cara memijat bayi yang benar sehingga membuat bayi menjadi nyaman? Mempercayakan bayi kita untuk dipijat memang haruslah bukan sembarangan orang. Hindari percaya dengan orang yang hanya mengaku bisa memijat dan tanpa sertifikat yang jelas.

Sebelum Anda memijatkan bayi Anda kepada orang lain hendaknya dilakukan dengan memberikan kepada suatu instansi atau orang yang berkompeten mengenai pijat bayi. Cari tahu kompetensi yang bersangkutan, bisa meneliti dengan mengetahui apakah pijat bayi tersebut bersertifikat atau tidak.


Hal ini penting agar bayi kita ditangani oleh orang yang tepat dan yang berkompeten untuk dapat membuat nyaman bayi tersebut. Namun jika tidak ada yang dimaksud penyataan diatas maka sebaiknya lakukan pijat sendiri dengan tangan Anda. Perlu Anda ketahui memijat bayi bukan seperti memijat orang dewasa karena membutuhkan beberapa cara memijat bayi yang benar.

Cara Memijat Bayi

10 Cara memijat bayi yang benar dan membuat bayi menjadi nyaman yaitu

  1. Pilih minyak yang tepat

Anda sebelumnya memijat tubuh bayi maka pastikan minyak yang digunakan tepat untuk kulit bayi. Misalnya dengan mencobanya mengoleskan pada tangan bayi dan tunggu beberapa saat. Misalkan tanya yang dioleskan dengan minyak mengalami reaksi berupa kemerahan atau alergi maka Anda dapat mengganti dengan minyak bayi yang lainnya. Hindari langsung mengoleskan ke seluruh tubuh tanpa mencoba minyak tersebut agar bayi Anda tak terkena alergi minyak.

  1. Memijat bagian kaki

Anda sebaiknya menjalankan cara memijat bayi pada bagian kaki terlebih dahulu. Hal ini karena bagian kaki adalah bagian yang kurang sensitif dibandingkan dengan bagian lainnya. Gerakan dalam memijat bayi adalah gerakan melingkar ke dalam. Gerakan ini akan dirasakan lebih nyaman untuk bayi dan jangan terlalu keras cukup pelan-pelan saja.

  1. Pijatan yang lembut

Cara memijat bayi dengan pijatan yang dilakukan seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya yang tidak terlalu keras. Tujuannya agar bayi tidak kesakitan namun yang dirasakan nyaman dan hangat dari minyak oles untuk bayi. Pijatan pada kaki ini akan membantu bayi Anda mengatasi masalah giginya jika sudah tumbuh nantinya.

  1. Memijat bagian perut

Cara memijat bayi pada bagian perut dimulai dari bagian atas tubuh bayi. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam pijatan tubuh bayi yaitu dengan memijat pada bagian kiri turunkan ke bawah. Lanjutkan pada bagian kanan bayi dan ke bawah lakukan berulang kali. Beberapa langkah ini dilakukan agar perut bayi dapat mengeluarkan gas dengan lancar. Selain itu dapat mengatasi masalah lain seperti pencernaan dan sembelit yang mungkin saja menyerang.

  1. Pijat bagian dada

Pada cara memijat bayi dibagian dadanya hendaknya lakukan dengan pelan-pelan. Hal ini karena pada bagian dada sangat rawan dan masih sangat lunak. Dibagian ini hendaknya lakukan dengan perlahan dari bawah ke atas membentuk diagonal atau huruf X hingga ke bagian kanan dan kiri leher bayi.

  1. Pijat bagian lengan bayi

Bagian pergelangan pun harus tak lupa dipijat misalnya saja dengan cara memijat bayi dimulai bagian pundak hingga ke tangan bayi. Pijat dengan arah memutar ke bagian dalam hingga rata kebagian lengan. Namun perlu Anda ingat bahwa bagi bayi yang sudah dapat memasukkan tangannya ke mulut maka pastikan jika minyak yang digunakan aman. Atau jika merasa takut maka sebaiknya gunakan bahan alami untuk dijadikan minyak untuk buah hati Anda.

  1. Pijat bagian punggung bayi

Pada bagian punggung apabila dipijat maka gunakan cara memijat bayi yang nyaman. Hal ini karena pada bagian punggung ini merupakan gerakan rileksasi bayi Anda. Selain itu jika Anda memijat dengan benar maka memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh bayi tersebut. Manfaat yang sangat baik ketika bayi dipijat pada bagian punggung adalah dapat membuat tidur lebih nyenyak dan membantu tulang belakang bayi yang lebih kuat. Adapun cara yang benar untuk memijat bayi pada bagian punggung adalah gerakan baik dan turun untuk memijat. Gerakan naik dan turun dari leher hingga ke pantat bayi Anda. Selain itu gerakan melingkar juga sangat baik untuk tubuh bayi Anda.

  1. Pijat bagian muka

Untuk bagian muka maka pijat dengan lembut dengan menggunakan ibu jari. Cara memijat bayi seperti ini akan membuat nyaman dan rileks mata bayi yang suka terbelalak pada malam hari. Setelahnya Anda dapat memijat dengan lembut dari pangkal alis mata turun dengan menyusuri hidungnya. Lakukan secara berulang kali agar bayi Anda dapat merasakan semuanya dengan lebih nyaman.

  1. Perhatikan reaksi bayi

Apabila ketika Anda memijat bayi dan reaksi yang ditimbulkan oleh bayi adalah rasa tidak nyaman dan rewel maka hentikan pijatan tersebut. Pijat saja yang bagian bayi Anda sukai ketika dipijat. Dengan cara ini akan membuat bayi Anda menjadi lebih nyaman dan menyukai pijatan Anda.

  1. Pijat bayi hingga tidur

Alangkah baiknya jika Anda melakukan pijat bayi hingga bayi tertidur. Dan ketika bayi tertidur maka biarkan bayi tertidur jika Anda ingin memandikannya lakukan setelah bangun dari tidurnya. Tujuannya agar bayi merasa nyaman dan tidur sesuai dengan keinginannya. Apabila bayi sudah bangun dari tidurnya maka mandinkan dengan air hangat agar lebih nyaman. Perlu Anda perhatikan bahwa jangan memijat bayi pada saat bangun tidur.

Cara Memijat Bayi

Setelah Anda mengetahui mengenai cara memijat bayi yang benar maka akan lebih nyaman untuk bayi tersebut. Apabila Anda memijat lebih baik dilakukan dua atau tiga hari sekali agar dapat terasa lebih nyaman.

TAGs: cara memijat bayi, cara memijat bayi yang benar, cara pijat bayi, cara mengurut bayi, cara pijat bayi yang benar, cara memijat bayi umur 2 bulan, teknik memijat bayi, pijat bayi, gambar cara memijat bayi, cara memijit bayi, memijat bayi, teknik pijat bayi dan gambarnya, cara memijat balita, cara memijat, cara memijat bayi dengan benar, cara memijat bayi yg benar, pijat bayi scr alami