DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Cara Membuat Tahu Bulat Supaya Mengembang Sempurna

Cara membuat tahu bulat supaya mengembang akan membantu Anda untuk mendapatkan bentuk bulat yang lebih bulat sempurna.

Tahu bulat sedang menjadi makanan favorit bagi banyak orang, tidak hanya anak-anak, orang tua pun juga suka dengan rasanya yang gurih dan lembut. Terlebih dengan bentuknya yang lucu membuat tahu bulat banyak digemari.

Cara membuat tahu bulat supaya mengembang sempurna

Tahu bulat sedang menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Selain bentuknya yang unik, rasa gurih dan tekstur yang lembut membuat tahu bulat semakin populer. Untuk mendapatkannya pun, Anda tidak perlu membelinya terus karena bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara dan bahannya cukup mudah:cara membuat tahu bulat supaya mengembang 13

cara membuat tahu bulat supaya mengembang 13

cara membuat tahu bulat supaya mengembang 13

cara membuat tahu bulat supaya mengembang 13

Bahan membuat tahu bulat:

  • 1 butir telur
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sdt baking powder
  • 5 kotak tahu putih
  • ½ sdt penyedap rasa
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
  • Kain tipis

Cara membuat tahu bulat kopong tengahnya:

  1. Cuci tahu hingga bersih dan haluskan menggunakan kain tipis sambil memerasnya sampai tidak ada air yang terkandung pada tahu.
  2. Haluskan bawang putih dengan garam kemudian campurkan dengan tahu yang sudah diproses. Masukkan juga merica, baking powder, penyedap rasa dan kuning telur lalu aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, buatlah tahu hingga membentuk bulat-bulat kecil sampai adonan habis.
  4. Setelah semua adonan tebentuk bulat maka letakkan pada wadah yang tertutup dan kemudian masukkan ke dalam kulkas sekitar 2 jam atau lebih.
  5. Panaskan minyak goreng yang sekiranya bisa menenggelamkan tahu bulat dan kemudian keluarkan tahu bulat itu dari dalam kulkas. Gorenglah tahu bulat dengan api kecil hingga warna tahu berubah sedikit kekuningan.
  6. Angkat dan tiriskan tahu kemudian sajikan dengan saus atau sambal.

Tips agar tahu bisa mengembang

Tidak mudah untuk membuat tahu bulat dengan bentuk yang sempurna. Bahkan, membeli tahu bulat yang tinggal menggorengnya saja juga tidak bisa. Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Ternyata, ada rahasia dalam resep tahu bulat agar bisa mengembang sempurna:

  1. Simpan tahu di freezer

Tahu yang sudah disimpan terlebih dahulu di freezer maka bentuknya akan bisa mengembang dengan sempurna karena teksturnya yang membeku saat digoreng. Selain berfungsi untuk mengembangkan tahu, langkah memasukkan tahu ke dalam freezer juga bisa mengawetkan tahu agar tidak mudah basi.

  1. Minyak harus banyak

Untuk bisa membuat tahu bulat mengembang dengan sempurna, maka seluruh permukaan tahu harus masuk ke dalam minyak goreng. Anda juga bisa menggunakan minyak curah sekitar 2 liter untuk sekali menggoreng.

  1. Menggunakan api sedang

Pastikan api yang digunakan dalam menggoreng tahu tidak begitu besar ataupun kecil. Api yang besar dapat mempercepat tahu kempes, sementara api yang kecil membuat tahu matang secara tidak merata.

Cara Membuat Masakan Rawon Setan

Demikian cara membuat tahu bulat supaya mengembang sempurna dan siap disantap bersama keluarga.