>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Cara Membuat Pupuk Organik Cair yang Benar

Cara membuat pupuk organik cair ini sangat mudah dilakukan sehingga Anda tidak perlu membelinya di toko. bahan dan alat-alat yang dibutuhkan pun mudah didapat.

Pembuatan pupuk organik cair terdapat dua macam, yakni dengan cara melarutkan pupuk organik yang sudah jadi atau setengah jadi dalam air dan dengan cara memfermentasikan bahan-bahan organik atas bantuan organisme hidup.

7 Cara membuat pupuk organik cair

Berikut ini adalah cara yang mudah untuk membuat pupuk organik dalam bentuk cair:

  1. Carilah informasi dan referensi

Jika sebelumnya kita belum mengetahui bagaimana cara membuat pupuk, maka carilah berbagai informasi terlebih dulu mengenai berbagai fakta POC, seperti bahan yang digunakan, cara membuat pupuk organic kompos hingga cara menggunakannya. Pastikan jika informasi yang Anda dapatkan sudah jelas.

  1. Siapkan bahan-bahan

Bahan-bahan yang digunakan antara lain; kotoran binatang (mentok, kambing, ayam dan lain sebagainya) atau dedaunan atau sampah rumah tangga, seperti sisa makanan. Bahan lainnya yang juga harus dipersiapkan adalah gula pasir atau gula merah, air kencing manusia atau hewan, air bersih, tong plastik, bioaktivator (EM4) dan karung bekas.cara membuat pupuk organik cair cara membuat pupuk organik cair

  1. Proses awal pembuatan

Campurkan semua bahan yang ada, misalnya kotoran kambing dan dedaunan, tapi pastikan jika semua bahan itu sudah dicincang. Masukkan bahan tersebut ke dalam tong plastik kedap udara. Aduk campuran itu dan masukkan air bersih dengan jumlah setengah dari bahan pupuk.

  1. Campurkan bahan tambahan

Tambahkan bahan lain, seperti air kencing hewan, EM4, dan air gula ke dalam tong plastik. Perbandingan antara bahan padat dan cair sebaiknya 30% : 70%.

  1. Tutup dengan baik

Setelah semua bahan tercampur rata maka tutup tong itu dengan rapat dan baik. Sebelum menutup, lubangi dulu tutup tong sebagai tempat dimasukkannya selang. Setelah itu, hubungkan dengan botol yang telah diisi air. Selang itu berguna agar suhu di dalam tong lebih stabil tapa adanya penambahan oksigen dari luar. Inilah cara membuat pupuk organic cair terbaik.

  1. Tutup dibuka

Biasanya, tutup tong dibuka hingga adonan dalam wadah sudah tercium baunya, seperti tape. Waktu yang dibutuhkan sampai akhirnya kita buka tutup adalah sekitar 10 hari tapi ada juga yang sampai 3 minggu, tergantung dengan kualitas dan banyaknya adonan pupuk yang dibuat. Jadi lama tidaknya tutup itu dibuka tergatung dengan kualitas yang ingin Anda hasilkan.

  1. Cara pengolahannya

Cara membuat pupuk organic cair super cukup mudah yakni dengan menyaring adonan dari tong untuk memisahkan antara ampas dan cairan yang dihasilkan. Ambil saja bagian pupuk yang cair dan masukkan ke dalam jerigen atau botol. Namun, jangan langsung membuang bagian ampasnya, karena bagian ini masih bisa digunakan sebagai bahan dasar media tanam. Anda pun tinggal menyemprotkan pupuk cair ini pada tanaman.

Demikian cara membuat pupuk organik cair dengan langkah-langkah yang tepat dan bisa segera dicoba sendiri.