Cara Membuat Masker Pepaya untuk Jerawat di Wajah

Cara membuat masker pepaya untuk jerawat dapat dilakukan dengan bahan yang mudah didapatkan. Info penting untuk anda yang menghindari efeksamping dari zat kimia.

Perkembangan zaman membuat banyak kosmetik ataupun produk kecantikan yang dapat digunakan. Namun, beberapa di antaranya dibuat dari bahan kimia atau buatan. Oleh karena itu, lebih baik jika kita kembali ke bahan-bahan alami.

Cara membuat masker pepaya untuk jerawat di wajah

Dengan menggunakan pepaya maka Anda tidak perlu khawatir karena jerawat tidak akan meninggalkan bekas. Bahkan, penggunaan masker pepaya mampu menyamarkan flek hitam dan noda pada wajah.

Kemampuannya dalam mengobati jerawat ini dikarenakan sifat alaminya yang mampu membersihkan daging. Pepaya yang sudah matang dapat berfungsi secara efektif untuk membuat kulit lebih segar, membersihkan kotoran di pori-pori dan make up, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah timbulnya jerawat.

Tidak hanya itu, kandungan pepaya juga mampu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah dimana minyak tersebut dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Sedangkan, enzim papain di dalamnya juga dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Bagian pepaya yang bermanfaat dalam menghilangan jerawat karena infeksi bakteri adalah bagian daging.cara membuat masker pepaya untuk jerawat

cara membuat masker pepaya untuk jerawat

Berikut cara membuat masker pepaya untuk jerawat:

  1. Kupas kulit pepaya dan cuci buahnya hingga bersih.
  2. Potong kecil-kecil daging pepaya dan haluskan dengan blender.
  3. Tambahkan madu setelah pepaya menjadi halus dan aduk dengan rata.
  4. Oleskan masker pepaya yang telah Anda buat pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Jika perlu oleskan seluruhnya, mulai dari wajah hingga leher.
  5. Tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Berikut ini adalah manfaat lebih detail mengenai masker dari buah papaya:

  1. Mengatasi kulit wajah yang berminyak
  2. Mengatasi kulit wajah berjerawat
  3. Menghaluskan dan membersihkan kulit wajah
  4. Menghilangkan flek hitamcara membuat masker pepaya untuk rambut

Cara membuat masker pepaya untuk rambut

Manfaat pepaya untuk rambut antara lain membersihkan rambur, mencegah kebotakan, melebatkan dan menguatkan rambut, mengatasi ketombe, mengatasi kerontokan rambut, membuat rambut lebih bercahaya, dan sehat serta sebagai kondisioner. Cara untuk bisa mendapatkan masker rambut ini sangatlah mudah dilakukan:

Bahan:

  • Pepaya 1 buah
  • Lemon segar 1 sdt
  • Madu organik hangat 2 sdm
  • Sari jeruk 1 sdt

Cara membuat dan pemakaian masker pepaya:

  1. Campurkan semua bahan dan haluskan menggunakan blender
  2. Tuangkan bahan yang sudah halus dalam suatu wadah
  3. Mulailah dengan mengoleskan masker ke rambut dan diamkan sekitar 20 menit
  4. Setelah itu, basuh dan bersihkan dengan air hangat
  5. Untuk lebih bersih, gunakan shampo saat keramas

Cara membuat masker pepaya untuk payu*dara

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pepaya mampu merangsang kelenjar dan hormon susu sehingga dapat mengencangkan payudara. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat masker pepaya untuk payudara:

  1. Kupas pepaya yang masih muda dan cuci hingga bersih. Lalu haluskan daging buah menggunakan blender untuk dibuat jus. Konsumsi jus pepaya muda secara rutin. Namun, jika Anda kurang suka dengan rasa jus maka bisa menggunakan cara yang kedua.
  2. Cara kedua ini menggunakan pepaya yang sudah matang. Pertama, haluskan pepaya dengan blender. Jus ini bukan untuk diminum, tapi dioleskan pada payudara untuk masker.

Kedua cara ini bisa dilakukan sesuai dengan keinginan. Apakah ingin mengonsumsinya atau sekedar mengoleskannya pada payudara. Demikian berbagai manfaat masker pepaya beserta cara membuat masker pepaya untuk jerawat di wajah.