Cara Membuat Masker Beras untuk Memutihkan Wajah

Masker beras adalah salah satu masker alami yang sangat berkhasiat dalam perawatan kecantikan kulit wajah. Beras banyak dikenal sebagai bahan makanan pokok untuk menjadi nasi. Tapi, berkat kemajuan teknoloi dan perkembangan pengetahuan, saat ini beras juga dapat dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Yaitu menjadi masker beras.

Manfaat masker beras untuk kulit wajah yaitu untuk mencerahkan, menghaluskan dan memutihkan. Masker ini dapat dipercaya dan telah terbukti mampu menghilangkan flek hitam, noda bekas jerawat dan juga cacar. Karena beras mengandung squalane oil, vitamin E dan juga vitamin C yang membuatnya menjadi bermanfaat bagi kulit.

Cara membuat masker beras

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat masker beras untuk memutihkan wajah, dalam membuatnya harus melalui beberapa tahapan. Tahapan inilah yang membuat malas hingga akhirnya malas menggunakan masker alami. Padahal lebih aman bagi tubuh.

cara membuat masker beras 2

Membuat tepung beras

Sebetulnya tepung beras banyak dijual di swalayan. Tapi kebanyakan adalah beras yang telah dicampur dengan bahan pemutih. Yang diperlukan untuk masker adalah beras organic yang belum dicampur dengan bahan apapun. Maka jika anda membeli tepung beras pastikan bahwa itu adalah beras organic yang tidak dicampur dengan bahan lain. Dan yang paling baik adalah beras jepang. Namun jika sulit mendapatkannya, beras local juga bagus untuk diguanakan.

cara membuat masker beras 2

Cara pertama

Cara yang dilakukan cukup mudah hanya mengambil beras organic secukupnya lalu direndam selama semalam. Besok harinya beras dihaluskan dengan ditumbuk atau diblender. Jemur di panas matahari sampai benar-benar kering lalu beras siap digunakan sebagai masker.

Cara kedua

Tidak jauh berbeda dengan cara pertama, ambil beras organic secukupnya kemudian cuci sampai bersih dan rendam semalaman. Jika bisa pilih yang bulirnya berwarna bening, karena mengandung squalane oil yang cukup tinggi. Jemur beras tersebut setengah kering, lalu tumbuk hingga halus (bisa diblender juga). Saring lah dengan ayakan tepung, ambil tepung yang sangat halus dna pisahkan dalam wadah.

Tambahkanlah air mawar sedikit demi sedikit kemudian aduk hingga membentuk adonan yang dapat dibentuk. Bentuklah adonan tersebut bulatan-bulatan kecil. Kemudian jemur sampai kering.

Untuk penggunaanya, silahkan ambil butiran-butiran tepung beras tersebut, lalu seduh dengan air sampai berbentuk adonan seperti pasta. Oleskalah adonan tersebut ke seluruh wajah sebagai masker. Untuk wajah yang berjerawat dapat ditambahkan dengan bawang putih. Masker yang belum digunakan yang berbentuk adonan kecil bisa disimpan maksimal satu bulan.

cara membuat masker beras 2

Jenis-jenis masker beras

Masker beras ini dapat divariasikan tergantung dari tujuan yang ingin dicapai, apakah untuk mencerahkan kulit wajah, memutihkan, menghilangkan jerawat, bekas jerawat, flek hitam atau sebagainya. Untuk hasilnya yang berbeda biasanya masker beras dicampur dengan bahan-bahan lain seperti madu, susu atau minyak zaitun. Di bawah ini beberapa jenis dari masker beras yang dapat dicoba.

  1. Masker beras dan madu

Kandungan antioksidan dalam madu sangat baik untuk kecantikan kulit wajah.

  1. Masker beras dan tomat

Tomat adalah bahan alami yang memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo dan jerawat.

  1. Masker berat dengan baking soda

Selain untuk kue, baking soda juga baik untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Anda dapat menambahkan beberapa baking soda dan beberapa tetes madu.

  1. Beras, madu dan minyak zaitun

Bahan alami ini berkhasiat menjaga kelembaban kulit wajah dan keremajaannya. Campurkan sampai berbentuk adonan pasta dan oleskan.

Itulah informasi seputar cara membuat masker beras untuk memutihkan wajah. Semoga anda dapat mencobanya di rumah.