Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Cara Membuat Bubur Bayi 6 Bulan

Cara membuat bubur bayi 6 bulan bisa jadi salah satu hal yang banyak dicari oleh ibu yang mulai memikirkan MPASI bagi bayinya. Hal itu karena bayi yang sudah berumur 6 bulan sudah sewajarnya mulai mendapatkan kandungan gizi dari sumber makanan yang lain selain dari air susu ibu.

Maka dari itu, tidak jarang para ibu yang mulai mempersiapkan beberapa resep jitu dalam membuat bubur sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi mereka yang sudah mulai memasuki usia enam bulan. Jika anda juga sedang melakukan hal yang sama, mungkin anda bisa mencoba beberapa tips dalam membuat bubur yang cocok sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi anda.

Beberapa Cara Membuat Bubur Bayi 6 Bulan Dengan Mudah

Jika anda berminat, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam membuat bubur yang bisa anda berikan sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi anda. Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan proses rebus. Perebusan bahan makanan biasanya dilakukan untuk beberapa bahan makanan yang tergolong cukup keras seperti beras dan juga wortel.

Hal ini dilakukan supaya tekstur makanan yang keras tadi bisa menjadi lebih lembut dan cocok sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi anda. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan proses kukus. Pada dasarnya, proses ini mirip dengan proses rebus, hanya saja dalam proses ini anda tidak perlu melarutkan makanan untuk bayi anda dalam air. Salah satu contoh makanan yang bisa anda kukus sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi anda adalah kentang dan juga beberapa jenis sayuran.Cara Membuat Bubur Bayi 6 Bulan

Cara Membuat Bubur Bayi 6 BulanCara Membuat Bubur Bayi 6 Bulan

Cara membuat bubur bayi 6 bulan lainnya yang bisa anda coba adalah dengan cara tumbuk. Beberapa jenis makanan bisa anda tumbuk supaya anda bisa mendapatkan sari dari makanan tersebut. Dalam hal ini, jenis makanan yang biasa di tumbuk untuk mendapatkan sarinya adalah jenis makanan yang kering. Ikan teri adalah salah satu contoh makanan pendamping ASI yang bisa anda berikan dengan cara ditumbuk dan diambil sarinya untuk bayi anda.

Sebagai informasi, tidak semua bayi bisa menerima tekstur makanan yang tergolong kasar. Maka dari itu, walaupun anda sudah melakukan beberapa proses di atas terhadap makanan pendamping ASI bagi bayi anda, sebaiknya blender makanan tersebut dengan sedikit air supaya hasilnya menjadi lebih halus.

Sebagai tahapan pertama, anda mungkin bisa mencoba MPASI dengan tingkat kekentalan yang serupa dengan susu kental manis. Jika bayi anda bisa menerima makanan pendamping ASI dengan tingkat kekentalan seperti itu, maka sebaiknya tingkat kekentalan MPASI yang anda berikan ditambah sedikit demi sedikit setiap bulannya.

Semoga sedikit informasi di atas bisa berguna bagi anda dan membantu dalam mempelajari cara membuat bubur bayi 6 bulan.