>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter

Cara membersihkan karang gigi bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter gigi. Terlebih lagi, pembersihan karang gigi juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. bagaimana caranya? Simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Cara membersihkan karang gigi secara alami

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan aman:

  1. Menyikat gigi secara sempurna

Salah satu penyebab mengapa muncul karang gigi adalah karena sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan atau disikat dengan sempurna. Oleh karena itu wajib diketahui cara menyikat gigi secara sempurna agar plak bisa dihindari. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Lakukan sikat gigi pada permukaan luar gigi dengan arah atas bawah, lalu lanjutkan kegiatan penyikatan gigi di bagian dalam.
  • Sikat bagian gigi yang digunakan untuk mengunyah makanan. Sikat secara bersih hingga kotoran dan semua sisa makanan terangkat. Lakukan penyikatan selama 20 detik untuk hasil maksimal.
  • Gosok gigi secara langsung setelah mengonsumsi makanan.Cara membersihkan karang gigi Cara membersihkan karang gigi Cara membersihkan karang gigi secara alami
  1. Menggunakan pasta gigi flouride

Salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Zat ini berfungsi untuk mencegah terbentuknya karang pada gigi. Zat ini juga akan melindungi lapisan enamel gigi sehingga gigi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

  1. Menggunakan pasta gigi anti noda

Cara lain adalah dengan menggunakan pasta gigi anti noda. Pasta gigi jenis ini akan membantu menghilangkan plak pada gigi karena mengandung beberapa zat aktif seperti pyrophosphates dan juga zinc citrate yang bertugas untuk membunuh bakteri yang dibawa makanan.

  1. Menggunakan baking soda

Bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan karang gigi adalah soda kue atau baking soda. Caranya adalah dengan mengambil 1 sdm soda kue lalu meletakkannya di sebuah wadah kecil. Tambahkan beberapa tabur garam dan aduk adonan hingga rata. Gunakan campuran itu untuk sikat gigi dengan cara seperti menyikat gigi biasa. Lakukan cara ini setiap hari setelah menggosok gigi dengan pasta gigi biasa.

  1. Menggunakan kulit jeruk

Cara menghilangkan plak gigi dengan kulit jeruk adalah dengan mengusapkan kulit jeruk pada gigi secara langsung. Setelah mengusapnya jangan berkumur terlebih dahulu. Biarkan efek tersebut bekerja semalaman. Keesokan paginya berkumurlah untuk membersihkannya. Kulit jeruk ini bisa juga membunuh bakteri penyebab bau mulut dan plak.

  1. Menggunakan buah dan sayur

Beberapa jenis buah dan sayuran dapat membantu menghilangkan karang gigi jika dikonsumsi atau dikunyah secara teratur. Jenis buah dan sayur yang disarankan adalah apel, melon, wortel, dan juga seledri. Gigi juga bisa menjadi lebih putih dengan bahan-bahan tersebut.

Jenis Behel Gigi dan Harganya

  1. Menggunakan biji wijen

Biji wijen adalah jenis biji-bijian yang ampuh juga untuk menghilangkan karang gigi. Caranya adalah kunyah wijen secara perlahan, namun sebaiknya tidak ditelan. Lalu, sikat gigi dengan wijen yang masih berada di dalam mulut. Jika sudah, berkumurlah dan bersihkan sisanya. Wijen akan berfungsi sebagai scrub yang baik untuk membersihkan mulut.

  1. Mengonsumsi makanan pedas

Makanan pedas merupakan makanan yang bisa menghilangkan karang gigi. Hal ini dikarenakan makanan pedas meningkatkan kelenjar penghasil air liur. Kelenjar ini akan membantu membersihkan gigi dan gusi.

Demikianlah beberapa cara membersihkan karang gigi tanpa harus ke dokter gigi dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat.