Cara Membedong Bayi yang Benar dan Baik

Cara membedong bayi adalah suatu tindakan yang biasanya dilakukan oleh seorang ibu terhadap anaknya yang baru lahir. Bayi yang baru lahir biasanya memiliki perhatian khusus dan kehati-hatian dalam setiap gerakannya. Terkadang, kita tidak tahu bahwa banyak sekali dari gerakan bayi yang perlu di awasi dengan seksama. Ini sangat merepotkan jika salah-salah si kecil keseleo atau hal lainnya yang nantinya akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Membedong bayi, misalnya. Ini adalah cara para ibu untuk melindungi anaknya dari berbagai hal-hal yang tidak diinginkan. Membedong bayi ini berguna untuk meminimalisir gerakan refleks atau gerak kejut bayi. Selain itu, dengan membedong bayi kita telah memberikan kehangatan pada hari-hari dimana dia harus menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

Membedong bayi sendiri adalah kebiasaan dari orang Asia yang diturunkan secara turun temurun dari nenek moyang kita. Kegunaannya masih sangat dipercaya dan ampuh melindungi bayi yang baru lahir ini. Namun, membedong bayi akan menjadi tindakan yang salah besar jika anda tidak tahu atau bahkan salah dalam membedong bayi. Maka dari itu, perlunya pelatihan atau sejenisnya kepada semua ibu hamil guna menghindari hal-hal buruk terjadi. Karena cara membedong bayi yang baik dan benar bukan hanya membungkus bayi dengan kain secara sempurna. Kita harus mempertimbangkan kondisi bayinya juga. Dan hal ini lumayan sulit.

Cara Membedong BayiCara Membedong Bayi

Cara Membedong Bayi Yang Tepat untuk Bayi Anda

Banyak sekali ibu-ibu muda masa kini yang akhirnya tidak menggunakan tradisi membedong bayi karena alasan kesehatan. Sebenarnya alasan kesehatan yang dimaksud adalah jika mereka salah dalam membedong, maka akan berakibat pada pertumbuhkan anak yang mereka cintai. Dan tentu saja, orang tua akan melakukan apa saja untuk meminimalisir hal-hal buruk terjadi. Akan tetapi, dengan tidak membedong bayi mereka bukan berarti masalah selesai.

Mahir dalam cara membedong bayi menjadi sangat penting karena bagi bayi yang belum lahir, mereka cukup kesulitan untuk langsung beradaptasi dengan lingkungan baru. Sebab itulah, membedong bayi menjadi cara bagi orang tua untuk melindungi anaknya.

Sekarang, kami mecoba untuk membantu anda dengan memberikan ilmu tentang membedong bayi secara benar dan tepat. Kami percaya bahwa setiap ibu bisa melakukannya dengan baik. Pertama, pastikan bayi anda sudah selesai dengan aktivitas makan, mandi, atau apapun. Anda dapat membedong bayi anda jika  mereka dalam keadaan nyaman dan sehat. Jangan membedong bayi saat ia sedang mengamuk atau terlihat lelah.

Cara Membedong Bayi

Kedua, gunakanlah kain yang lembut dan nyaman. Ini sangat berpengaruh dengan emosi bayi. Jadi, gunakanlah kain yang sesuai untuk bayi anda. Ketika anda hendak membedong bayi anda, pastikan pinggul dan kaki bayi harus sejajar. Jangan membedong bayi sepanjang waktu! Kurangi frekuensi membedong bayi pada usia 1 bulan keatas hingga akhirnya tidak dibedong lagi. Dan yang paling penting, anda tidak boleh membedong bayi tersebut terlalu kencang atau ketat. Membedong bayi terlalu kencang akan mengakibatkan dysplasia pada tumbuh kembangnya. Itulah beberapa informasi terkait cara membedong bayi.