DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Cara Membedakan Henna Asli dan Palsu, Waspada!

Cara membedakan henna asli dan palsu penting untuk diperhatikan agar tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Sekarang ini sangat mudah menemukan produk henna yang bervariasi, mulai dari warna, bahan hingga bentuk kemasan. Anda harus tahu bagaimana cara membedakannya sehingga bisa memilih henna seperti apa yang aman digunakan.

Cara Membedakan Henna Asli dan Palsu

Salah dalam memilih produk Henna bisa mengakibatkan iritasi di tangan dan berbagai reaksi alergi membahayakan lainnya. Namun, banyaknya produk henna membuat kita harus lebih jeli dalam melihat henna mana yang aman untuk digunakan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa perbedaan henna asli dan palsu seperti berikut ini:

  • Tekstur

Pastinya jika sering menjumpai henna dalam berbagai tekstur, seperti bubuk, cair atau pasta. Henna yang asli biasanya diproduksi dalam bentuk bubuk. Hal ini dikarenakan bentuk cair atau pasta sangat memungkinkan pencampuran bahan kimia lainnya. Jenis henna yang berbahaya biasanya berbentuk cair dan pasta sehingga Anda harus lebih waspada.

  • Warna

Henna memiliki warna yang beraneka ragam tergantung kandungan yang digunakan. Warna asli henna adalah orange atau reddish-brown atau merah kecoklatan. Henna akan kering dan rontok setelah pemakaian sehingga warnanya akan berubah menjadi semi kuning atau orange. Warna tersebut akan semakin gelap karena adanya proses oksidasi setelah 48 jam pemakaian.

Perubahan warna ini juga dipengaruhi oleh reaksi kulit kita terhadap pemakaian henna. Apabila Anda menjumpai henna dengan warna hitam pekat maka 100% henna tersebut mengandung pewarna rambut dan Anda harus berhati-hati.

cara membedakan henna asli dan palsu 1

cara membedakan henna asli dan palsu 1

  • Kandungan

Produk henna yang beredar dipasaran banyak yang mengandung bahan campuran. Salah satunya adalah PPD (Para-Phenylenediame). Apabila Anda menjumpai komposisi ini pada kemasan maka Anda perlu waspada.

Bahan ini berisiko menimbulkan reaksi alergi pada kulit.  Efek samping memakai henna yang sering muncul pada pemakaian henna yang mengandung PPD antara lain timbul keloid, gatal, peradangan, ruam, kulit melepuh dan lain sebagainya.

  • Jangka waktu henna mengering

Proses pemakaian henna hingga mengering membutuhkan waktu yang cukup bervariasi. Pada umumnya, waktu yang dibutuhkan adalah 6-8 jam. Warna yang sesungguhnya pun tidak langsung keluar. Biasanya setelah 24-48 jam pemakaian karena oksidasi. Setelah itu, warna akan bertahan sekitar 10 hari berikutnya.

  • Tes kepekatan

Sebelum pemakaian, oleskan henna pada bagian tubuh lain untuk melihat reaksi kulit kita. Henna asli tidak akan menimbulkan perubahan apapun kecuali perubahan warna.

  • Baunya

Henna asli atau alami memiliki bau yang khas, yaitu bau seperti jamu. Berbeda dengan henna yang mengandung banyak bahan kimia maka baunya pun juga khas bahan kimia.

Trend Henna di Perut Ibu Hamil, Apakah Aman Dipakai?

Demikian cara membedakan henna asli dan palsu, ingat telitilah sebelum membeli dan lebih baik pakai merek-merek yang sudah dikenal masyarakat luas meski mahal sedikit.