Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Cara Membangunkan Bayi untuk Minum ASI

Cara membangunkan bayi untuk memberikan asupan ASI tidak begitu sulit. Bayi harus mengisi perutnya secara kontinyu, hal itu karena volume perut bayi masih kecil, sehingga memerlukan waktu yang sering.

Bayi akan cepat kenyang tetapi juga akan cepat lapar. Jika waktunya sudah harus memberikan ASI, tetapi ia masih tidur, sang ibu mau tidak mau harus memberikannya.

Hal itu sangat penting, karena daya tahan bayi akan semakin menurun jika asupan ASI berkurang. Ibu harus memperhatikan bayinya lebih karena ia hanya masih bisa menerima ASI saja. Sistem pecernaannya belum mampu mengolah makanan lain.

Pada beberapa kejadian setelah persalinan, bunda kebingungan karena debay tidur terus dan tidak segera inisiasi ASI. Perlu diketahui bahwa bayi lahir dengan simpanan lemak dan fruktosa yang cukup untuk bertahan kurang lebih 1-2 hari setelah persalinan.

Cara membangunkan bayi tanpa membuatnya rewel

Waktu tidur bayi yang sangat banyak memang sering kali membuat ibu harus ekstra menjaga bayi mereka agar tetap terpenuhi gizinya, terutama untuk pemasukan ASI. Namun, waktu tidur bayu juga sebenarnya sangat penting. Sehingga, seorang ibu memang situntut untuk bisa mengatur waktu sang buah hati.

Untuk bayi yang termasuk katagori bayi kuning justru harus mendapatkan ASI yang lebih, maka untuk ibu yang memiliki bayi kuning memang harus lebih intensif lagi. Aturan yang benar, yaitu bayi disusui 2 jam sekali, tetapi bayi juga memerlukan waktu tidur yang cukup. Namun, beberapa pihak mengatakan bahwa ibu bisa saja menyusui bayi sesuai keinginan bayinya. Jika ia sudah menangis, kemungkinan ia lapar.Cara Membangunkan Bayi

Cara Membangunkan Bayi

baca: Merk Susu Ibu Menyusui agar Kualitas dan Kuantitas ASI bagus

Cara Membangunkan Bayi

Sebaiknya, ibu menyusi terlebih dahulu sebelum waktu bayi itu tidur. Bayi yang sudah kenyang,  akan lebih nyenyak, sehingga tidak sering terbangun. Namun, terkadang banyak bayi yang tertidur karena suatu hal, misalnya sudah sangat mengantuk atau keadaan ibu yang masih berada diperjalanan. Karena posisi bayi yang dirasa enak ketika digendong, tanpa ia disusui terlebih dahulu, ia akan tertidur. Hal inilah yang perlu diperhatikan.

baca: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas, Minum Es dan Minum Kopi

Jika demikian asupan ASI belum diberikan dan ia sudah terlebih dulu tertidur. Ini sangat tidak baik bagi bayi, ASI sangat berpengaruh pada saat bayi tertidur. Seperti membantu meningkatkan kalsium, membantu peningkatan daya tahan tubu, dsb. Maka, seorang ibu juga harus mengetahui bagaimana cara membangunkan bayi tanpa harus mengganggu waktu tidurnya serta tidak membuatnya rewel.

Untuk melakukan hal itu yang bisa Anda lakukan yaitu, Perah sedikit ASI Anda kemudian letakkan dibagian bibir bayi, dengan begitu bayi akan merasakan ada rasa ASI dibibirnya, sehingga ia akan mencari di mana ASI tersebut. Jika belum bisa, ganggu bibirnya dengan puting. Dengan begitu ia akan mencari puting sang ibu.

baca: Makanan Ibu Menyusui agar Anak Cerdas dan Cepat Gemuk

Kemudian ibu juga bisa membuka selimutnya. Dengan keadaan selimut yang terbuka akan membuat bayi merasakan dingin dan akan sedikit terbangun. Ketika mulai terbangun Anda bisa mencoba menyusuinya. Itulah beberapa tips mengenai cara membangunkan bayi untuk Minum ASI.