DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Cara Memakai Henna Sendiri di Kulit Tangan / Kaki

Cara memakai henna tidaklah sulit tapi membutuhkan ketelitian dan jiwa seni yang cukup besar agar hasilnya terlihat indah. Henna dapat dikatakan sebagai tato sementara karena dengan jangka waktu tertentu gambar tersebut akan hilang. Selain itu, henna tidak menutupi permukaan kulit sehingga cocok untuk umat muslim yang harus wudhu sebelum sholat.

Petunjuk dan cara memakai henna

Henna adalah pasta yang terbuat dari dedaunan dan ranting tanaman bernama henna. Biasanya tanaman ini tumbuh di negara bagian Afrika Utara dan Asia Selatan. Ketika henna mengenai kulit maka henna tersebut akan meninggalkan warna yang beraneka ragam, mulai dari merah tua hingga coklat dan hitam sampai akhirnya akan memudar. Sekarang ini, henna digunakan untuk menghias bagian tubuh, seperti tangan dan kaki agar terlihat lebih cantik.

Berikut ini adalah bagaimana cara memakai henna sendiri di tangan:

  1. Pegang kerucut atau cone menggunakan tangan kanan. Tekan isinya secara perlahan dan buatlah pola sesuai yang diinginkan.
  2. Usahakan tangan yang digambar dalam posisi horizontal dan tunggu hingga henna tersebut mengering.
  3. Apabila Anda ingin henna bisa bertahan lebih lama maka gunakan campuran air lemon sebanyak 3 sendok dan gula 1 sendok. Oleskan campuran tersebut pada henna di tangan sebanyak 2-3 kali. Tapi Anda harus hati-hati, jangan sampai merusak bentuk henna pada tangan. Untuk lebih memudahkan Anda, gunakanlah semprotan.
  4. Agar hasil henna bisa lebih gelap, biarkan henna tersebut mengelupas karena uap air yang telah Anda didihkan sebelumnya. Anda juga bisa menggunakan hair dryer.
  5. Hasil maksimal akan Anda dapatkan jika membiarkan henna tersebut mengering 6-12 jam sehingga bisa digunakan saat malam hari. Tapi, Anda juga bisa mengelupasnya 2-4 jam setelah pemakaian. Hanya saja jangan menggunakan sembarangan bahan untuk melepas, seperti air, terlebih sabun. Gunakan paper towel atau air lemon dan gosoklah secara perlahan hingga henna terlepas.
  6. Setelah henna terlepas, maka akan tertinggal pola berwarna orange. Biasanya, setelah 48 jam warna tersebut akan semakin gelap karena proses oksidasi.

Tidak mudah menggunakan henna dengan baik dan benar, bahkan keindahan hasilnya bisa menjadi pertaruhannya. Bagi pemula, maka perlu memperhatikan beberapa hal dalam penggunaan henna agar hasilnya tidak mengcewakan.

cara memakai henna cara membuat henna yang benar

cara memakai henna cara membuat henna yang benar

cara memakai henna cara membuat henna yang benar

Motif Henna untuk Anak Kecil yang Bagus

Berikut ini adalah tips saat melakukan tutorial henna untuk pemula:

  1. Anda dapat menghilangkan henna dari kulit dengan larutan gula menggunakan kapas.
  2. Gunakan sarung tangan dan lindungi pakaian Anda menggunakan celemek. Apabila pakaian terkena henna maka bersihkan dengan pemutih.
  3. Oleskan vaseline setelah henna mengering agar henna bertahan lebih lama.
  4. Simpan henna di dalam freezer agar terhindar dari cahaya secara langsung.
  5. Tunggu henna hingga benar-benar kering agar hasilnya lebih gelap dan indah.

Demikian cara memakai henna yang mudah dan bisa dipraktekkan langsung sendiri di rumah untuk keperluan acara besar.