Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Cara Ampuh Mengobati Bisul

Bagaiman cara ampuh mengobati bisul ? Bisul merupakan salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh adanya infeksi di bagian permukaan kulit. Infeksi ini membuat rasa gatal dan benjolan berwarna merah-merah. Bahkan, pada bisul yang cukup parah akan membuat rasa panas, nyeri dan terasa gatal ingin menggaruk. Namun, ketika anda menggaruk maka akan menyebabkan bisul terasa lebih sakit dan lebih parah dari sebelumnya. Jika bisul ini dibiarkan begitu saja, akan mengakibatkan penyebaran di beberapa titik lainnya, lalu menimbulkan bekas yang susah untuk dihilangkan.

Macam-macam bisul

Di dalam artikel ini sebetulnya akan menjelaskan cara ampuh mengobati bisul, namun sebelumnya anda perlu mengetahui macam-macam bisul.

  • Akne kista adalah bisul yang terjadi di permukaan kulit dan biasanya wajah karena memiliki kandungan minyak yang tinggi.
  • Kista pilonidal, yaitu bisul yang terjadi pada area pantat, serta dapat mengeluarkan nanah. Penyebabnya adalah infeksi karena gesekan dan lainnya.
  • Hidradenitis suppurativa yaitu bisul yang terjadi di lipatan pangkal baha maupun ketiak. Bisul ini terasa perih karena adanya peradangan keringat.

cara ampuh mengobati bisul 2

Penyebab dan ciri penyakit bisul

Bisul dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh, terletak di leher, kaki, wajah, punggung, kepala dan bagian tubuh lainnya. Risiko penyakit ini ditimbulkan karena adanya bakteri yang bersarang di kulit dan membuat infeksi kulit tersebut. Di samping bakteri, terdapat juga penyebab yang lainnya seperti:

  • Kurangnya kebersihan
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Lemahnya system kekebalan tubuh

Penyakit bisul tidak sama dengan gatal-gatal yang hanya bersifat sementara. Untuk mengetahui kepastian dari penyakit bisul ini anda dapat mengetahui dari beberapa gejalanya.

  • Adanya benjolan yang berwarna merah seperti jerawat pada permukaan tubuh.
  • Benjolan terasa gatal, perih dan nyeri
  • Adanya warna putih di tengah-tengah berjolan tersebut
  • Terasa sakit apabila di tekan
  • Mengeluarkan nanah yang berbau tidak sedap
  • Terkadang disertai dengan demam

cara ampuh mengobati bisul 2

Intinya, penyakit bisul sangat menggganggu penampilan dan aktivitas anda. Bagaimana cara ampuh mengobati bisul ?

Menyembuhkan Bisul dengan Daun bayam

Daun bayam duri dapat digunakan untuk mengobati bisul dengan cari meracuknya. Proses pertama yaitu dengan mengambil dua lembar daun bayam duri kemudian cuci hingga bersih. Tambahkanlah garam halus dan remas-remas sampau daun bayam hancur bersama garam. Lalu, oleskan pada bagian bisul, akan tetapi hindari bagian mata bisul supaya tidak tersentuh. Perawatan ini mampu mengurangi rasa panas dan perih yang disebabkan infeksi pada bisul tersebut.

Mengobati Bisul dengan Bawang putih

Bawang putih memiliki peran sebagai antibiotik yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Cara yang dilakukan yaitu dengan menumbuk bawang putih sampai halus. Kemudian oleskan tumbukan bawang putih secukupnya ke bagian bisul dengan menutupnya menggunakan perban. Proses ini akan terasa perih, akan tetapi tidak mengapa karena merupakan bagian dari proses penyembuhan.

Cara Mengatasi Bisul menggunakan Daun sirih

Bisul dapat diobati dengan daun sirih. Proses yang dilakukan dengan mengambil 3 lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih, tumbuk hingga halus. Tumbukan halus tersebut dibalurkan pada bagian yang bisul. Gunakan perban untuk menutupi bagian tersebut.

Cara Mengobati Bisul pakai Daun waru

Daun waru biasa digunakan untuk pembungkus makanan ketika acara hajatan di kampung-kampung. Namun ada juga yag memanfaatkannya menjadi ramuan penyubur rambut. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengobati bisul. Daun waru dilumatkan kemudian tempelkan pada bisul. Lakukan dua kali sehari.

Itulah beberapa hal mengenai cara ampuh mengobati bisul. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.