DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

7 Cara Agar Henna Tahan Lama dan Awet di Kulit Tangan/Kaki

Cara agar henna tahan lama sehingga kita bisa tampil cantik dan istimewa sepanjang hari hingga berbulan-bulan. Seni lukis henna biasanya digunakan dalam berbagai acara, yaitu pernikahan, pertunangan, lamaran, hari raya, ulang tahun, atau hari besar lainnya. Sebagian besar orang pasti ingin memiliki tato henna yang lebih lama.

Pakailah cara agar henna tahan lama ini

Henna merupakan seni lukis tubuh yang bersifat temporer sehingga dalam jangka waktu tertentu akan menghilang dengan sendirinya. Sebagian besar orang pastinya menginginkan lukisan henna yang bisa bertahan lebih lama.

Terlebih jika pelukis henna mematok harga yang mahal maka sayang kalau henna memudar dengan cepat. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara agar lukisan henna bisa bertahan lebih lama.

cara agar henna tahan lama dan awet tidak cepat memudar kena keringat air minyak

Berikut ini adalah tips agar henna tahan lama:

  • Minyaki sebelum mandi

Pada dasarnya, henna akan memudar jika terkena air. Sebelum mandi, oleskan bagian henna tersebut dengan minyak, seperti minyak sayur atau minyak zaitun. Minyak ini akan melindungi permukaan kulit kita agar tidak terkena banyak air. Oleskan minyak ini menggunakan tisu dengan perlahan, jangan sampai Anda justru menggosok dan menghilangkan warna henna.

  • Lapisi minyak

Jika Anda ingin seni lukis henna bertahan lama maka gunakan minyak sebelum menggambarnya. Oleskan minyak, seperti minyak sayur pada bagian kulit yang ingin dilukis. Cara ini berguna agar warna henna dapat meresap lebih kuat.

  • Tambahkan essensial oil

Apabila Anda menggunakan henna berbentuk bubuk maka tambahkan minyak essensial pada bubuk henna itu. Hal ini berguna untuk memperkuat warna yang keluar sehingga lebih tahan lama. Minyak esensial yang bisa digunakan adalah minyak kayu putih, minyak lavender, minyak zaitun dan masih banyak lagi. Ketentuannya adalah 5 ml minyak untuk 10 gram henna bubuk

  • Keringkan dengan suhu panas

Cara agar henna tahan lama dan tak mudah pudar jika kita mengeringkannya dengan pengering bersuhu panas. Anda dapat menggunakan pengering rambut setelah pemakaian henna atau setelah terkena air.

  • Tambahkan jeruk nipis

Apabila Anda hendak menggunakan henna berupa pasta maka tambahkan perasan air jeruk nipis pada pasta henna tersebut. Jeruk nipis ini berguna untuk membantu henna dalam mengeluarkan warnanya dan membuat henna lebih tahan lama.

  • Panaskan suhu kulit

Ternyata suhu kulit ikut mempengaruhi apakah henna dapat bertahan alam atau tidak. Semakin tinggi suhu tubuh kita maka henna akan bertahan lebih lama. Untuk itu, Anda dapat memanaskan suhu tubuh terlebih dahulu. Apabila bagian tubuh yang ingin dilukis adalah tangan maka cukup panaskan bagian tangan. Caranya bungkus bagian tangan menggunakan tisu kemudian ditutup dengan plastik.

Karakteristik Henna yang Bagus dan Aman Dipakai

  • Hindari menggosok kulit dan memakai lotion

Henna akan memudar jika terkena lotion, terlebih jika kita menggosok-gosoknya. Untuk itu, hindari penggunaan lotion jika ingin henna tahan lama.

Demikian cara agar henna tahan lama yang bisa diikuti agar henna tersebut bisa awet sepanjang hari di kulit tangan.