Buah Untuk Ibu Hamil yang Bagus Dikonsumsi

Pada masa kehamilan merupakan waktu yang tepat untuk memberikan nutrisi terbaik pada masa pembentukan janin di rahim. Demi tumbuh kembang sang buah hati selama di Janin tentunya Ibu hamil  harus mengkonsumsi makanan yang bisa mendukung tumbuh kembangnya.

Ibu hamil harus menghindari makanan yang bisa membahayakan sang janin selama di kandungan. karena pada dasaranya apa yang dikonsumsi ibu hamil dirasakan juga oleh janin.


Makanan yang dikonsumsi sebaiknya adalah sayuran, buah-buahan yang banyak mengandung vitamin yang diperlukan tubuh, baik sang ibu ataupun janin. Seperti yang kita ketahui buah banyak mengandung berbagai macam vitamin C.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Pamali/Adat)

Namun terdapat beberapa buah yang sangat bagus di konsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini adalah buah untuk ibu hamil yang sebaiknya menjadi asupan penunjang untuk tumbuh kembang Buah hati.

  1. Buah Untuk Ibu hamil Yang Paling Recommended, Alpukat

Buah ini dikenal memiliki kandungan lemak nabati yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk melakukan proses metabolism tubuh. Tidak hanya itu buah alpukat juga mempunyai kandungan vitamin E yang bagus untuk peremajaan kulit. tidak heran jika banyak wanita menggunakan sebagai bahan masker wajah ataupun tubuh. Namun apa kaitannya alpukat dengan tumbuh kembang sang Janin? Berikut ini jawaban dari pertanyaan tersebut. buah untuk ibu hamil source familystyl blosgpot comBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan, di dalam buah alpukat terdapat asam folat yang kandungannya cukup tinggi. Asam folat ini mempunyai fungsi dalam perkembangan otak dan tulang belakang sang janin. Selain asam folat, dalam alpukat juga terdapat vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi sang ibu dalam mengurangi morning sickness pada trisemester pertama.

  1. Manggis

Baru-baru ini memang ditemukan sebuah penelitian yang menyatakan di dalam buah manggis terdapat kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan tersebut terdapat dalam kulit manggisnya yang harus di ektrak terlebih dahulu. Sedangkan kandungan manggis yang mendukung tumbuh kembang sang Janin yaitu kandungan vitamin C yang terdapat pada daging buahnya.

baca: Perut Sering Kencang saat Hamil

Manfaat vitamin C pada buah manggis adalah untuk memberikan daya tahan untuk sang ibu hamil, dan juga memberikan elastisitas pada kulit ibu hamil. Selain vitamin C juga masih ada zat mangan yang berfungsi membantu proses pembentukan kerangka beserta tulang rawan pada sang janin.

  1. Kurma

Kurma yang berasal dari negara arab biasanya di konsumsi umat muslim saat bulan Ramadhan ataupun bulan haji, dimana kurma menjadi oleh-oleh. tanpa disadari bahwa kurma ternyata juga bermanfaat bagi ibu hamil. Kurma buah yang baik untuk ibu hamil ini mengandung kandungan gula dan vitamin B. Keduanya membantu dalam mengatur laju gerak rahim.

Dengan demikian, rahim berkontraksi dengan normal. Kontraksi jantung juga akan lebih stabil karena systole jantung bisa bertambah dengan adanya gula dan vitamin B yang cukup. Saat setelah melahirkan pun kurma masih memberi manfaat pada sang ibu. Kandungan zat besi dan kalsium dapat mencukupi proses pembentukan air susu ibu, selain itu juga membantu dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

  1. Buah Naga

Buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah yang pohonnya seperti tumbuhan kaktus. Ya buah naga memang dikenal sebagai buah yang menyegarkan juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat buah naga adalah membantu pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil.

baca: Senam Ibu hamil di Rumah (Cara dan Contoh Gerakan)

Sebagian besar ibu hamil sering mengalami anemia, sementara sang bayi dalam kandungan harus terus mendapat nutrisi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Dalam 100 gr buah naga terdapat 0,55 zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah.

Tidak hanya zat besi buah naga juga mengandung karbohidrat, asam folat dan serat. Mengingat wanita hamil sering mengalami konstipasi, sehingga buah naga bisa menjadi salah satu solusinya.

  1. Pisang

Buah ini merupakan buah yang mudah ditemui terutama di daerah tropis. buah berwarna kuning mempunyai beberapa nutrisi yang bisa menjadi konsumsi ibu hamil setiap hari dan juga memberikan manfaat bagi sang bayi. B6 yang terkandung pada pisang membantu dalam proses pembentukan jaringan sehat, dan membawa impuls syaraf. Selain itu pisang juga mengandung betakaroten, triamin dan niasin yang mempercepat regenerasi sel dan pembentukan jaringan tubuh pada sang janin / bayi.

  1. Apel

Buah ini merupakan buah yang dengan udah ditemui di toko buah atau swalayan. Buah yang mempunyai warna merah, hijau atau sedikit pink ini juga memberi manfaat bagi ibu hamil jika di konsumsi secara teratur. Salah satu buah untuk ibu hamil ini mempunyai kandungan Zat pektin dan polifenol. Dimana zat pektin dan polifenol ini berfungsi mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu ke dua zat tersebut juga mencegah terjadinya oksidasi koleterol yang jahat pada tubuh atau yang disebut juga Low Density Lipoprotein.

Jika terjadi oksidasi dapat menyebabkan arteri menjadi tersumbat dan juga menyeabkan tekanan darah tinggi. Dimana diketahui, tekanan darah tinggi pada ibu hamil harus diwaspadai dan dihindari, karena tekanan darah yang tinggi bisa memberikan resiko kelainan pada sang bayi. Hingga kemungkinan terburuknya adalah tidak terselamatkannya nyawa sang bayi dan ibu saat proses melahirkan.

  1. Mangga

Buah untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah mangga. Buah mangga yang mempunyai rasa manis saat telah masak ini menyehatkan bagi hamil. Bagaimana tidak, buah mangga dapat memperlancar kinerja pencernaan dengan kandungan seratnya yang tinggi. dengan demikian mangga juga berfungsi untuk menghindari masalah sembelit dimana sembelit merupakan masalah umum bagi ibu hamil.

Di sisi lain mangga juga menyeimbangkan cairan pada tubuh. Jika ibu hamil mengalami kelebihan cairan dalam tubuh, ibu hamil bisa mengalami pembengkakan di tangan ataupun kaki. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi mangga, yang mengandung potassium dan kalium, dapat berperan sebagai penyeimbang cairan di dalam tubuh.

  1. Delima

Buah-buahan untuk ibu hamil yang dianjurkan selanjutnya adalah buah delima. Buah yang enak di olah menjadi jus ini dapat membantu melindungi otak bayi semasa pembentukan otak pada kandungan. Hal itu karena delima memiliki nutrisi seperti Asid folik, vitamin dan mineral.

Sedangkan potassium yang terkandung dalam delima juga mengurangi kejang-kejang kaki yang di alami sang ibu saat hamil trisemester terakhir. Selain itu delima yang diolah menjadi jus juga dapat mencegah morning sick pada tri semester pertama. Tidak hanya itu, buah delima juga mampu mengontrol detak jantung baik sang ibu maupun sang janin di dalam rahim.

Setelah mengetahui beberapa kandungan buah-buahan untuk ibu hamil, tentunya ibu hamil memperoleh manfaat dari beberapa buah diatas. untuk mendapat khasiat buah-buahan tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi sehari-hari dengan secara rutin dan teratur.

baca: Buah yang Dapat Menggugurkan Kandungan

Namun asupan gizi yang baik untuk si Janin perlu juga dipenuhi dengan berbagai nutrisi lain yang terkandung dalam sayuran, daging, telur dan lainnya. Untuk memilih buah apa yang sesuai dengan kesehatan ibu hamil, sebaiknya sebelum mengkonsumsinya ibu hamil terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ataupun bidan.

TAGs: vitamin untuk ibu hamil, vitamin buat ibu hamil, berapa biji kurma sehari untuk ibu hamil, vitamin ibu hamil yang bagus, vitamin yang bagus untuk ibu hamil, vitamin hamil, vitamin c untuk ibu hamil, vitamin untuk bumil, Vitamin bumil, vitamin yang baik untuk ibu hamil, vitamin yg bagus untuk ibu hamil, vitamin untuk ibu hamil muda, vitamin bagi ibu hamil, vitamin yg baik untuk ibu hamil, vitamin yg bagus buat ibu hamil, manfaat makan buah setiap hari saat hamil tua, vitamin yang baik buat ibu hamil

loading...