Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Tidur Pagi saat Hamil Muda Apa Dampaknya?

Bolehkah tidur pagi saat Hamil? Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang cukup banyak dilontarkan oleh ibu hamil. Ibu hamil biasanya cenderung lebih lemas dan juga malas untuk melakukan aktivitas di pagi hari, sehingga cenderung terdorong untuk tidur di pagi hari. Padahal tidur di pagi hari dapat memberikan dampak yang negatif pada tubuh manusia, terutama untuk ibu hamil.

Bahaya Tidur Pagi saat Hamil

1. Insominia Akut

Kebanyakan tidur di pagi ataupun siang hari, dapat menyebabkan insomnia akut yang pada akhirnya berujung pada jadwal tidur yang tidak berkualitas. Ketika hal ini terjadi pada ibu hamil, maka bisa berdampak pada terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

bolehkah tidur pagi saat hamil muda

baca: Cara Mengatasi Posisi Janin yang Melintang/Sungsang

2. Cairan Ketuban Meningkat

Jumlah air ketubah akan stabil ketika ibu hamil melakukan aktivitas yang stabil/normal pula. Ketika ibu hamil kebanyakan tidur dan kurang melakukan aktivitas, maka yang akan terjadi adalah penumpukan cairan ketuban pada rahim. Penumpukan cairan ketuban pada rahim ini dapat menghambat proses perpindahan posisi janin pada rahim, sehingga meningkatkan resiko posisi bayi sungsang.

3. Gangguan Metabolisme

Tidur di waktu pagi dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Efek yang timbul dari gangguan metabolisme tubuh ini adalah rasa lapar yang berlebihan, dimana ketika dituruti dapat berakibat pada peningkatan bobot badan yang signifikan pada ibu hamil.

4. Sel Darah Putih Meningkat

Ketika gangguan metabolisme terjadi akibat tidur di pagi hari, maka tubuh akan memproduksi sel darah putih lebih banyak dari biasanya. Jika tidak diantisipasi dengan baik, peningkatan produksi sel darah putih ini dapat menyebabkan kanker darah pada janin yang sedang dikandung.

bolehkah tidur pagi saat hamil tua

baca: Apakah Aman Ibu Hamil Meminum Air Es?

bolehkah tidur pagi saat hamil

Jawaban pertanyaan “Bolehkah tidur pagi saat hamil?”

Jika dikaji dari segi dampak negatif yang diakibatkan dari tidur pagi disaat hamil, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidur di pagi hari sebaiknya dihindari di masa kehamilan. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang sedang dikandungnya.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Adat/Pamali)

Itulah jawaban dan penjelasan singkat dari pertanyaan bolehkan tidur pagi saat hamil? yang banyak dilontarkan oleh ibu hamil. Semoga dengan membaca tulisan ini, Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut dan melakukan apa yang terbaik untuk kesehatan tubuh dan Janin dalam kandungan Anda.