Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang Hari ?

Bolehkah ibu hamil tidur siang hari? Merupakan pertanyaan yang sering Anda dengar di masyarakat. Anda harus membaca alasan-alasan yang dapat menguatkan dugaan tersebut. Tidur siang merupakan salah satu cara bagi ibu hamil untuk beristirahat. Beristirahat merupakan langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandung.

Ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan waktu yang berkualitas dalam tidur mereka selain tidak melakukan hal-hal yang berat. Tetapi, jika Anda mendengar banyaknya masyarakat yang percaya jika tidur siang tidak baik bagi bayi yang dikandung, Anda memerlukan alasan untuk menangkal pendapat tersebut.

Alasan tepat untuk menjawab pertanyaan, “bolehkah ibu hamil tidur siang hari?”

“Bolehkah ibu hamil tidur siang hari?”.Merupakan pertanyaan yang sering ada di masyarakat. Bagi ibu hamil, tidur siang merupakan cara yang tepat untuk beristirahat dan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kondisi bayi yang sedang dikandung.

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang

Rumor yang beredar di masyarakat menyebutkan jika tidur siang dapat mengganggu perkembangan janin. Rumor/mitos ini sebenarnya merupakan kepercayaan orang-orang zaman dahulu. Kepercayaan ini timbul secara turun-temurun hingga saat ini. Tetapi jika Anda mempercayai hal tersebut, tidak ada alasan untuk menjawab pertanyaan, “bolehkah ibu hamil tidur di siang hari?”

Padahal, jika ditelisik lebih jauh, tidur siang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dalam menjaga fisik mereka. Anggapan ini juga dibenarkan oleh para dokter yang telah lama mengetahui akan fungsi tidur siang bagi ibu hamil.Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang

baca: Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Es Dingin

Tidur siang yang dilakukan oleh ibu hamil dapat memulihkan kondisi tubuh dari aktifitas yang telah dilakukan sepanjang hari. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk beristirahat jika merasa kelelahan dan tidur siang merupakan cara paling baik dalam mengatasi kelelahan karena aktifitas tersebut. Tidur siang juga tidak akan mengganggu perkembangan janin yang sedang dikandung melainkan memberikan efek rileks bagi ibu hamil dan janin tersebut.

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang

Para dokter dan pakar kehamilan mengharuskan ibu hamil untuk tidur siang pada saat trimester pertama dan terakhir. Dengan alasan inilah, Anda dapat menjawab pertanyaan, “bolehkah ibu hamil tidur siang hari?”. Dengan tidur siang pada saat tersebut dapat memberikan efek yang baik bagi ibu hamil saat melahirkan nanti. Waktu yang digunakan untuk tidur siang juga harus diperhatikan.

baca: Cara Memutihkan Kulit Janin/Bayi sejak Dalam Kandungan

Ibu hamil harus memperhatikan porsi tidur siang mereka. Ibu hamil harus memperhatikan antara waktu tidur siang dengan waktu tidur malam mereka. Jangan terlalu lama tidur siang karena akan mengakibatkan kesulitan tidur pada malam harinya. Sejatinya, tidur pada malam hari merupakan waktu istirahat yang paling baik bagi ibu hamil. Ibu hamil hanya boleh melakukan tidur siang tidak lebih dari tiga jam.

Jika ibu hamil melakukan tidur siang lebih dari waktunya, dapat dipastikan mereka akan kesulitan tidur pada malam hari dan mereka akan merasa mengantuk pada pagi harinya. Perlu Anda ketahui, tidur di pagi hari tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Adat/Pamali)

Jika Anda menemukan ibu hamil yang selalu mengantuk di pagi hari, ada baiknya jika Anda menasehatinya untuk memeriksa keadaan ibu hamil ke dokter. Semoga dengan alasan demikian, Anda dapat menjawab pertanyaan, “bolehkah ibu hamil tidur siang hari?”