Usaha Rumahan Yang Lagi Trend dan Booming

Mendapatkan pekerjaan sebagai mata pencaharian hidup dapat menjadi sesuatu yang sulit, apalagi dengan banyaknya pesaing serta semakin ketatnya persaingan dunia kerja. Salah satu alternatif yang bisa kita lakukan sebagai sumber pendapatan selagi mencari pekerjaan tetap adalah dengan memulai usaha sendiri. Usaha atau bisnis yang dijalankan ini tak harus memakan dana besar sebagai modal awal. Beberapa usaha rumahan yang lagi trend hanya membutuhkan sedikit saja dana.

Dengan bekal kreativitas, usaha rumahan juga bisa berkembang menjadi semakin besar dan menguntungkan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika usaha ini nantinya justru dapat menyerap tenaga kerja.usaha rumahan yang lagi trend booming


Bayangan tentang modal yang besar kadang akan menjadi hambatan untuk seseorang dalam memulai usahanya sendiri. Padahal, beberapa usaha dapat dimulai dengan modal kecil dari tabungan sendiri.

Usaha-usaha di bawah ini bahkan bisa dikerjakan dari rumah saja sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ataupun menyewa ruko. Mulai dari usaha kuliner seperti makanan dan minuman, usaha kreatif hingga usaha yang berhubungan dengan teknologi bisa kita jalankan dengan margin keuntungan yang lumayan.

Apabila dijalani secara serius dan berkelanjutan, tidak menutup kemungkinan usaha ini akan semakin berkembang menjadi kian besar dan bahkan nantinya kita akan membutuhkan pegawai untuk membantu.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend #1: Kuliner/Katering

Bisnis rumahan pertama dan utama yang bisa dicoba adalah bisnis kuliner. Tidak selamanya bisnis kuliner membutuhkan sewa ruko atau bangunan sebagai tempat berjualan. Kita bisa menggunakan teras rumah sebagai tempat berjualan, terutama apabila rumah kita berada di tempat yang ramai dan banyak dilalui orang.

Bisnis ini terutama cocok apabila kita memiliki hobi memasak dan gemar mencoba resep-resep baru. Bisnis kuliner dapat meliputi makanan berat seperti nasi dan lauk pauk, makanan ringan seperti camilan dan kue hingga minuman seperti es dan jus buah. Kita bisa menyesuaikan apa yang hendak kita jual berdasarkan di mana kita tinggal dan orang-orang yang berpotensi membeli dagangan kita.

Sebagai contoh, apabila kita tinggal di dekat kawasan sekolah maka kita bisa menjual makanan ringan seperti keripik, batagor atau siomay yang akan disukai oleh anak-anak sekolah. Sementara apabila tempat tinggal kita berdekatan dengan kampus atau perkantoran, kita bisa mencoba menjual makanan berat seperti nasi dan lauknya.

Sebelum mulai berjualan, lihatlah terlebih dahulu apakah kita memiliki pesaing di sekitar tempat kita berbisnis. Apabila sudah ada yang berjualan siomay, misalnya, maka sebaiknya kita tidak berjualan siomay juga melainkan menjual makanan ringan jenis lain yang belum dijual oleh siapapun di tempat tersebut. Hal ini agar pesaing kita tidak banyak dan keuntungan yang didapat bisa semakin berlipat ganda.usaha rumahan yang lagi trend booming bisnis makanan

Alternatif lain adalah jika lokasi anda disekitar perkantoran maupun sekolah, anda bisa membuka usaha kedai kopi dengan fasilitas wifi gratis misalnya. Usaha ini cocok untuk anda yang mempunyai teras atau halaman kosong yang bisa dimanfaatkan.

Contoh selanjutnya adalah jualan roti bakar, jualan gorengan, jual kerupuk, jual bubur kacang hijau. Anda bisa mensurvey warung makan disekitar dan anda bisa menitipkan barang dagangan dengan hasil bagi sesuai kesepakatan.

Usaha Rumahan #2: Kue Roti

Tips untuk usaha kue, Anda bisa mamanfaatkan facebook. yaa, usaha ini bisa anda coba mulai dengan bergabung di fanpage facebook resep masakan maupun resep kue basah /kue kering, resep pudding dsb. Banyak member fanpage facebook yang berbagi resep dan anda bisa mencoba nya di rumah. Berikan produk tester untuk pembeli. Apabila kue tester disukai pembeli maka orderan kue akan segera mengalir.usaha rumahan yang sedang trend booming usaha rumahan kue cara memulaim usaha rumahan kue

Usaha di Rumah #3: Dropshipper / Reseller

Bisnis rumahan yang lagi booming selanjutnya adalah berjualan online. Belanja online telah menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat sekarang ini, terutama karena banyaknya keuntungan yang didapat, mulai dari dapat menghemat waktu, tenaga dengan biaya.

Tren belanja online semakin didukung berkat banyaknya pengguna internet dan media sosial di Indonesia. Kita bisa menjual barang secara dropship, di mana kita menjual barang dari supplier ke konsumen dan supplier yang akan mengirim barang tersebut kepada konsumen kita atas nama kita.

Sistem dropship akan lebih menguntungkan karena kita tidak perlu menyetok barang dan tidak melakukan pengemasan serta pengiriman barang.

usaha rumahan yang lagi trend, usaha rumahan yang lagi booming, usaha rumahan, bisnis di rumah, usaha sampingan, bisnis sampingan, usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, usaha di rumah untuk ibu rumah tangga

Beberapa kelebihan mengapa usaha dropship itu menguntungkan yaitu :

  1. Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar, kecualli pada sistem reseller maka anda perlu membeli stock barang.
  2. sangat praktis karena tidak perlu melakukan proses pengepakan barang (packaging), semua di urus oleh supplier,
  3. bisa dikerjakana dimana saja (misal anda sedang bpergian tiba-tiba ada pesan order dan tranferan, maka anda tinggal tranfer ke supplier, kemudian suplier mengecek barang dan uang tranfer, begitu oke maka supplier mengirim barang ke pembeli dengan keterangan seolah-olah pengirim nya adalah dari alamat Anda)
  4. Biaya operasional minimalis, anda hanya mengeluarkan pulsa/kuota internet untuk komunikasi dengan supplier dan pembeli
  5. Jika Anda sudah mendapat banyak testimony dan kepercayaan, maka selisih harga sekian rupiah tidak menjadi persoalan untuk pembeli.
  6. Tidak perlu takut dengan adanya marketplace besar seperti lazada,tokopedia,bukalapak. tiap produk mempunyai segmen masing-masing. Ada istilah ‘toko kelontong didepan hypermarket masih bisa survive juga’.

Kendala menjalani usaha sistem dropshipper :

  1. Keuntungan kecil per item barang, mungkin hanya sekitar 5-20% dari harga supplier. Anda juga berkompetisi dengan dropshipper lain dan tidak leluasa menentukan margin keuntungan/profit
  2. Info stok barang sangat dinamis, beberapa dropshipper berpengalaman sering mendapati stok tersedia pagi hari, namun begitu siang hari sudah habus untuk stok barang. kendala lain juga supplier sibuk dan susah dihubungi untuk ditanyai stock barang
  3. Product knowledge. pengetahuan tentang barang yang dijual dari segi kegunaan/ kelebihan dan kekurangan, produk kempetitor dan detail lainya mutlak dimiliki. Terkadang pembeli ada yang kritis dan menanyakan detail barang secara spesifik.
  4. Komplain dari pembeli. Biasanya masalah komplain berkisar soal dari lamanya pengiriman JNE/Tiki/Pos, kualitas tidak sesuai di gambar, mengenai ongkos kirim, dsb. Anda sangat lama menjawab pesan/chatingan dari pembeli. Anda harus mampu meng-handle masalah ini, karena ada pepatah : pembeli yang puas cuma memberitahu 2 teman nya, sedangkan pembeli yang kecewa akan memberi tahu 10 orang teman nta

Tips untuk memulai usaha dropship adalah dengan menemukan rekan supplier yang terpercaya, mempunyai sistem jelas, mudah dihubungi serta menggunakan layanan antar barang yang berpengalaman.

Tips selanjutnya jangan main harga, meurut beberapa pakar ekonom terkenal, main banting harga adalah shortcut jalan pintas untuk menuju kebangkrutan. mainlah dengan harga anda dan tentu saja dibarengi services yang memuaskan pembeli.

Untuk media promosi, Anda bisa menggunakan akun facebook, akun instagram, akun BBM, Whats aps. Anda juga ditunutu memiliki jiwa servbice tinggi dan sabar dalam menghadapi setipa pertanyaan buyer.

Usaha Rumahan yang lagi Booming #4: Usaha Kreatif

Kreativitas terutama akan sangat dibutuhkan dalam memulai usaha apapun. Kita bisa mendirikan bisnis kreatif dengan modal yang rendah seperti daur ulang kertas atau barang sampah di sekitar tempat tinggal menjadi barang lain yang lebih berguna dan bernilai jual tinggi.

Bisnis juga dapat dijalankan dengan berbekal kemampuan kita. Apabila kita memiliki bakat fotografi dan terbiasa hunting foto, cobalah untuk mulai menjual foto-foto hasil jepretan kita di berbagai situs online yang khusus melayani jual beli foto.

Foto-foto ini biasanya akan dibeli oleh pemilik website atau blog agar dapat menunjang konten yang ada di dalamnya. Tentu saja hasil foto harus bagus sehingga dibutuhkan skill fotografi yang mumpuni agar foto-foto kita dapat terjual dengan harga yang lumayan. Hal ini akan lebih menguntungkan untuk kita daripada hanya sekedar menyimpan hasil-hasil foto di dalam laptop tanpa digunakan sama sekali.

usaha rumahan : penulis artikelusaha rumahan yang lagi trend penulis artikel harga

usaha rumahan yang lagi trend penulis artikel harga

usaha rumahan : jasa desain logo / desain grafis

usaha rumahan yang lagi trend booming jasa desain logo grafis

usaha rumahan yang lagi trend booming jasa desain logo grafis

usaha rumahan yang lagi trend memanfaatkan barang bekas, kreatif

usaha rumahan yang lagi trend bisnis kreatif usaha rumahan yang lagi trend bisnis kreatif

usaha rumahan yang lagi trend bisnis kreatif

Bisnis kreatif ini tidak hanya sekedar mendatangkan keuntungan untuk kita sendiri namun juga mengurangi limbah di sekitar kita serta menciptakan tren baru di kalangan masyarakat. Dengan teknik promosi dan pemasaran yang tepat sasaran, barang daur ulang dapat dijual dengan keuntungan yang cukup tinggi.

Demikian adalah beberapa usaha rumahan yang dapat kita lakukan dengan modal terbatas namun tetap mendatangkan keuntungan.


TAGs: usaha rumahan yang lagi trend, usaha rumahan, usaha makanan rumahan, barang dagangan yang lagi trend, usaha yang lagi booming, usaha rumahan yg sedang tren, usaha rumahan yg lagi trend, usaha rumahan yang tren di ploso, usaha online yang lagi booming, makanan yg lg tren, Makanan rumahan lagi trenz, jajanan es rumahan yang lagi trend, dagangan yang lagi booming, bisnis yang lagi tren, bisnis rumahan yang lagi trend, usaha yang trend saat ini

Scroll Up