DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Bintik Merah pada Kulit : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bintik merah pada kulit bisa disebabkan oleh banyak faktor, sehingga cara mengatasinya juga perlu dilakukan sesuai dengan faktor penyebabnya masing-masing. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bercak merah pada kulit.

Penyebab bintik merah pada kulit

Penyebab bintik/ bercak merah pada kulit antara lain:

  1. Alergi

Alergi terhadap bahan tertentu dapat menyebabkan bercak-bercak merah pada kulit. Beberapa alergen seperti bahan kain, jenis kosmetik, atau sentuhan dengan tanaman tertentu bisa menyebabkan bercak merah. Atau bisa juga karena mengonsumsi makanan yang memicu alergi.

  1. Iritasi

Alergi tidak sama dengan iritasi. Jika alergi hanya kambuh ketika ada zat alergen yang mengenai tubuh, iritasi tidak membutuhkan alergen tersebut. Namun, iritasi bisa terjadi setelah beberapa kali tubuh melakukan kontak secara langsung dengan beberapa penyebab iritasi.Bintik merah pada kulit anak, Bintik merah pada kulit orang dewasa, Bintik merah pada kulit pada ibu hamil

  1. Kondisi cuaca

Kondisi cuaca yang terlalu kering dan dingin biasanya juga bisa menyebabkan bintik merah pada kulit, terutama kulit wajah. Hal ini dikarenakan kulit pada wajah lebih tipis dari kulit lainnya, sehingga lebih mudah kehilangan kelembabannya.

  1. Biang keringat

Biang keringat merupakan salah satu faktor yang mungkin terjadi pada bayi. Hal ini terjadi karena keringat terjebak di dalam kulit sehingga menimbulkan iritasi.

  1. Kurang menjaga kebersihan

Bintik merah pada kulit tangan bisa terjadi jika pakaian yang digunakan kurang bersih, padahal aktivitas yang dilakukan cukup berat. Kondisi ini disebabkan karena pakaian telah menjadi sarang bakteri dan kuman sehingga menimbulkan rasa gatal dan bintik kemerahan.

  1. Sinar matahari

Beberapa orang mungkin akan mengalami bercak merah jika terlalu sering terpapar sinar matahari. Hal ini disebabkan karena sinar ultraviolet yang tidak ramah pada kulit.

  1. Purpura

Purpura terjadi jika bercak kemerahan tersebut warnanya keungu-unguan. Hal ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah atau bocor, sehingga terjadi pendarahan di bawah kulit. Biasanya hal ini terjadi karena infeksi penyakit tertentu.

  1. Rosacea

Untuk kasus ini, biasanya terjadi pada daerah wajah. Penyebabnya bisa terjadi karena stress atau salah mengonsumsi makanan atau obat-obatan.

  1. Tanda lahir

Bercak merah juga bisa disebabkan karena tanda lahir (proliferasi pembuluh darah).

  1. Ruam popok

Hal ini sering terjadi pada bayi. Penyebabnya adalah iritasi dan infeksi.

  1. Campak

Penyakit campak juga bisa menyebabkan bercak merah pada kulit. Campak sendiri merupakan penyakit dari virus.

  1. Gigitan serangga

Beberapa serangga juga meninggalkan bekas berupa bercak merah setelah menggigit manusia.

Efek Samping Bleaching Pemutih Kulit

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

Cara mengatasi bercak merah pada kulit antara lain

  • Mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang berbercak. Tujuannya untuk mendinginkan kulit dan meringankan peradangan pada bercak merah.
  • Menghindari penyebab alergi (jika bercak terjadi karena alergi).
  • Meminum obat alergi untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit yang merah.
  • Menjaga kebersihan tubuh, pakaian, dan lingkungan, serta membersihkan keringat atau minyak pada kulit.
  • Menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan krim pelembab yang cocok serta mengonsumsi banyak air putih.
  • Menggunakan tabir surya SPF 30 untuk menjaga kulit selalu terlindungi dari sinar ultraviolet.
  • Menjaga kebersihan popok bayi dan pakaian bayi agar bayi terhindar dari infeksi dan iritasi kulit.
  • Mengobati bekas gigitan serangga dengan metode dan bahan yang tepat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bintik merah pada kulit. Jangan sampai Anda terlambat menanganinya, jika terlambat maka semakin susah diobati dan semakin mahal pula biaya pengobatannya. Semoga bermanfaat.