Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Biaya Persalinan Caesar Mahal Nggak Ya ?

Biaya persalinan caesar biasanya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk proses persalinan normal. baik itu di kota pinggiran maupun kota besar. Meskipun ada beberapa yang memanfaatkan biaya reimburse-asuransi dari kantor bunda/suami tempat bekerja.

Biaya yang relatif tinggi ini memang wajar saja mengingat tindakan perawatan, kompetensi dokter/perawat, ruangan nyaman dan juga perlakuan medis yang dibutuhkan dalam operasi persalinan caesar memang lebih banyak.

Persalinan Caesar sendiri sering kali harus dilangsungkan karena berbagai macam kondisi. Bayi sungsang, bayi terlilit saluran placenta, dan berbagai macam kondisi abnormal lainnya dalam kehamilan menyebabkan proses persalinan harus dilangsungkan dengan cara operasi caesar. Jika tidak, maka beberapa kondisi ini bisa mengancam jiwa ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

baca: Biaya Persalinan di Bidan

Untuk mengantisipasi terjadinya berbagai macam kondisi yang tidak diinginkan, Ibu hamil sebaiknya mempersiapkan dirinya dan juga seluruh masalah pendanaan yang dibutuhkannya. Meskipun tidak pasti terjadi, persiapan biaya untuk operasi caesar akan lebih aman, dibandingkan Anda harus menunda operasi hanya dikarenakan ketiadaan biaya untuk operasi.

berapa biaya persalinan caesar

Besaran biaya persalinan caesar biasanya akan sangat bergantung dengan kebijakan rumah sakit. Setiap rumah sakit memiliki rincian biaya melahirkan caesar yang berbeda antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya. Meskipun begitu, rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk persalinan caesar ada pada rentang biaya di atas 8 juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari banyak faktor/rincian.

Berikut ini adalah gambaran untuk bunda, jika persalinan caesar di :

RSIA Restu Kasih Cililitan Jakarta Timur 4 hari(data tahun 2016):
Normal= VIP : 9.000.000 , Kelas 1 : 7.000.000 ,  Kelas 2 : 6.000.000 , Kelas 3 : 5.000.000
SC= VIP : 21.000.000 , Kelas 1 : 16.000.000 , Kelas 2 : 13.000.000 , Kelas 3 : 10.000.000

RS Sari Asih Ciledug 4 hari (data tahun 2016)
Normal: VIP : 7,9 (deposit 6,4), Kelas I: 5,5 (deposit: 4,5)
SC: VIP : 14,5 (deposit: 11,9) Kelas I : 10,7 (deposit: 8,6). Biaya tersebut belum termasuk Obat, Alat kesehatan dan penunjang medis, (Lab, radiologi,dll), dan biaya perawatan bayi.

RS Pusat Pertamina 4 hari (data tahun 2016)
Normal: Kelas I: 11 juta-an, Kelas II: 15 juta-an, Kelas III: 19 juta-an, VIP: 23 juta-an
SC: Kelas I : 22 juta-an, Kelas II : 26 juta-an, Kelas III: 30 juta-an, VIP: 34 juta-an

RSIA Hermina Jatinegara: SC (5 hari)
Suite : 35 , SVIP : 30, VIP : 28,  I : 22, II : 18, III : 13

Biaya Persalinan Caesar dan Apa Saja Fasilitasnya ?

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk operasi caesar di setiap rumah sakit sangat tergantung dengan tingkat popularitas dari sebuah rumah sakit. Rumah sakit yang sudah terkenal biasanya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan rumah sakit yang belum begitu dikenal, dikarenakan kompetensi dan keahlian dokter/perawat perlu apresiasi lebih. Tidak hanya itu, fasilitas yang ada di rumah sakit, juga akan sangat mempengaruhi besaran biaya.

berapa biaya persalinan caesar

Fasilitas kamar ataupun lama rawat inap akan sangat mempengaruhi besaran biaya untuk persalinan caesar. Rata-rata pasien operasi caesar akan membutuhkan perawatan di rumah sakit selama kurang lebih 3 hari. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi ibu yang baru melahirkan bisa pulih lebih cepat. Biaya bisa bertambah bila terjadi komplikasi/kendala tak terduga pada bunda maupun bayi.

baca: Tanda Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat

Besarnya biaya persalinan caesar dapat diantisipasi dengan jalan mengikuti berbagai program asuransi kesehatan. Saat ini ada banyak sekali asuransi kesehatan yang bisa diikuti. Salah satu asuransi kesehatan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah adalah asuransi kesehatan BPJS.

Daftarkan bunda dan janin dalam kandungan ke BPJS untuk menekan biaya persalinan secara caesar. Usahakan saat usia kehamilan 7 bulan sudah beres. Jaga-jaga kalau bayi butuh perlakuan/tindakan medis khusus (NICU/PICU). Jika bunda dan debay sudah terdaftar BPJS, manfaatnya luar biasa, yakni cuma keluar <2jt untuk perawatan bayi+membeli obat+perban.

Perlu dicatat bila operasi caesar karena bayi sungsang, plasenta previa, preklampsia berat atau ada kendala lain maka bisa dicover BPJS, sebaliknya kalau pertimbangan persalinan caesar dikarenakan tidak ada urgensi atau hanya karena keinginan, maka tidak tanggung BPJS. Semoga bermanfaat.