Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi banyak dicari karena gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit ini bisa sangat mengganggu kenyamanan. Biang keringat atau Miliaria bisa terjadi karena adanya sumbatan pori kulit di mana pori ini menjadi jalur keluar dari keringat.

Sumbatan ini bisa karena debu, kotoran atau bahkan kuman sehingga terbentuklah bintik-bintik merah gatal. Semakin banyak pori yang tersumbat kotoran maka akan semakin banyak pula bintik-bintik gatal di kulit.

Aneka Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Penanganan yang tepat dan cepat akan mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh gangguan kesehatan ini.

  1. Pertama, pilih pakaian dengan bahan yang mampu menyerap keringat seperti katun. Hindari bahan pakaian yang licin dan membuat kulit terasa panas.cara menghilangkan biang keringat pada bayi
  2. Apabila pakaian basah oleh keringat, segera ganti dengan yang baru.
  3. Hindari penggunaan baju berbahan wol karena tidak bisa menyerap keringat. Kulit anak yang sensitif juga mudah gatal apabila mengenakan baju berbahan wol ini.
  4. Apabila anak berkeringat dengan berlebihan, mandikan anak secara lebih sering terutama ketika akan tidur.
  5. Rawat kebersihan kulit dengan memandikan bayi secara teratur serta mengganti bajunya dengan teratur pula agar kulitnya bisa bernapas dengan baik.
  6. Gunakan lotion khusus dengan kandungan zat calamine di dalamnya untuk mengurangi biang keringat yang disertai rasa perih.
  7. Hindari pemberian bedak yang tebal di kulit kepala basah karena akan membentuk adonan serta menyumbat pori-pori. Penyumbatan pori-pori ini bisa menyebabkan biang keringat.
  8. Bedak pada bagian tubuh lain juga sebaiknya tidak diberikan dengan terlalu tebal agar tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan biang keringat.
  9. Potong kuku bayi dengan teratur karena bayi seringkali menggaruk bagian kulit tertentu yang bisa jadi tengah terkena biang keringat. Memotong kuku juga akan mengurangi resiko iritasi atau infeksi pada kulit. Bayi yang masih berusia di bawah enam bulan dapat menggunakan sarung tangan khusus bayi agar tidak menggaruk kulit terlalu sering.
  10. Biang keringat dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah menggunakan lidah buaya. Caranya pun mudah, cukup dengan mengoleskan gel dari lidah buaya ke daerah yang terkena biang keringat. Lidah buaya akan memberi rasa dingin ke kulit dan gatal-gatal akan berkurang.cara menghilangkan biang keringat pada bayi
  11. Cara lain yang dapat digunakan ialah dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan satu gelas air dingin. Dengan menggunakan kain waslap, kompres bagian tubuh yang terkena biang keringat agar pori-pori yang tersumbat dapat teratasi.
  12. Apabila biang keringat semakin parah dan telah berkembang hingga menjadi infeksi kulit, segera konsultasikan pada dokter guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Biang keringat mungkin terlihat sepele, namun biang keringat tetaplah sebuah gangguan kesehatan sehingga harus diatasi dengan segera agar tidak berkelanjutan. Selain itu, rasa tidak nyaman dari biang keringat bisa mengganggu aktivitas bayi sehingga ia gelisah saat tidur ataupun tidak memiliki nafsu makan. Penanganan yang cepat dan tepat juga dapat mencegah terjadinya kembali biang keringat. Demikian informasi ini semoga dapat membantu.