Berat Janin Normal itu Berapa ?

Berat janin normal pada dasarnya akan sangat bergantung dengan usia kehamilan dan postur ibu hamil (Index Berat Badan). Semakin tua usia kehamilan, maka normalnya bobot janin akan semakin berat.

Berat janin sangat bergantung kepada faktor nutrisi dan juga faktor keturunan genetika orang tuanya. Ada beberapa kondisi dimana saat hamil justru nafsu makan ibu hamil berkurang. Atau juga karena postur kurus pada ibu hamil.


Janin yang kebutuhan nutrisinya tercukupi biasanya akan memiliki bobot badan yang cenderung lebih baik dibandingkan dengan janin yang kekurangan nutrisi. Nutrisi yang diserap janin dari tubuh ibu memegang peranan yang sangat penting terhadap proses tumbuh kembang janin.

Baca: Cara dan Gerakan Senam Ibu Hamil di Rumah

Janin yang tercukupi kebutuhan nutrisinya akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, sedangkan janin yang kebutuhan nutrisinya belum tercukupi, cenderung lebih akan terhambat pertumbuhannya.

berat janin normal, berat janin 5 bulan, berat bayi dalam kandungan, berat janin normal 5 bulan, berat janin 6 bulan, berat janin 7 bulan, berat janin 8 bulan, berat janin 9 bulan, berat janin normal 6 bulan, berat janin normal 7 bulan, berat janin normal 8 bulan, berat janin normal 9 bulan, berat janin ideal, berat bayi normal,

Berat Janin yang Normal Dipengaruhi oleh Riwayat Keturunan

Ukuran berat janin normal juga sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan. Janin yang dikandung oleh ibu dengan ukuran badan yang tinggi besar biasanya akan memiliki bobot yang besar, dan begitu juga sebaliknya, janin yang dikandung oleh ibu dengan bobot badan kecil biasanya akan memiliki bobot badan yang cenderung lebih kecil pula.

Meskipun begitu, tidak jarang juga ditemui ibu hamil bertubuh mungil yang mengandung janin dengan ukuran dan bobot badan yang besar. Kejadian ini kemungkinan besar disebabkan oleh faktor keturunan dari ayah ataupun kakek neneknya. Selain itu, faktor kelainan hormon pada tubuh ibu, juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Baca: Keputihan Pada Ibu Hamil (Penyebab, Gejala, Obat)

Untuk bobot janin normal biasanya dapat diprediksi ketika ibu hamil melakukan kontrol kehamilan di bidan ataupun dokter kandungan. Bobot badan hamil akan diprediksi melalui tindakan USG. Jika Anda tidak diberitahukan oleh bidan ataupun dokter mengenai bobot badan janin, maka Anda perlu menanyakannya.

Data bobot badan janin sangat dibutuhkan untuk mengetahui perkembangan janin normal atau tidak. Untuk mengetahui hal ini, biasanya dokter ataupun bidan melakukan tindakan pencocokan data bobot dan panjang janin normal dengan bobot dan panjang janin yang dikandung.

berat janin normal, berat janin 5 bulan, berat bayi dalam kandungan, berat janin normal 5 bulan, berat janin 6 bulan, berat janin 7 bulan, berat janin 8 bulan, berat janin 9 bulan, berat janin normal 6 bulan, berat janin normal 7 bulan, berat janin normal 8 bulan, berat janin normal 9 bulan, berat janin ideal, berat bayi normal,

Data berat janin normal sendiri dapat Anda lihat sebagai berikut :

  • Bulan 1 : Berat 4 gram, panjang 4 cm
  • Bulan 2 : Berat 10 gram, panjang 6,5 cm
  • Bulan 3 : Berat 50 gram, panjang 9 cm
  • Bulan 4 : Berat 180 gram, panjang 16 cm
  • Bulan 5 : Berat 550 gram, panjang 27,5 cm
  • Bulan 6 : Berat 1000 gram, panjang 40 cm
  • Bulan 7 : Berat 1810 gram, panjang 35 cm
  • Bulan 8 : Berat 2900 gram, panjang 37,5 cm
  • Bulan 9 : Berat 3400 gram, panjang 50 cm
  • >Bulan 9 : Berat 3450 gram, panjang 52,5 cm

Baca: Cara Memutihkan Kulit Bayi Sejak Dalam Kandungan Secara Alami dan Aman


TAGs: berat janin 5 bulan, berat janin normal usia 5 bulan, berat janin normal, berat bayi dalam kandungan, berat janin ideal, berat badan bayi dalam kandungan, berat normal janin, berat badan janin 7 bulan, berat bayi normal, berat janin 6 bulan, kehamilan 7 bulan berat bayi normal, berat badan janin usia 7 bulan, berat janin usia kandungan 6 bulan, berat normal janin 7 bulan, normal berat badan janin usia 6 bulan, berat janin usia 6 bulan, berat bayi normal dalam kandungan

Scroll Up