Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Berapa Usia Bayi Bisa Merangkak ?

Salah satu tahap perkembangan bayi yang penting adalah merangkak dan usia bayi bisa merangkak berbeda-beda sesuai dengan keadaan mereka. Merangkak merupakan tahapan yang dapat melatih kekuatan otot lengan dan kaki sehingga menjadi dasar dalam berdiri dan berjalan. Berapa usia normal bayi yang bisa merangkak?usia bayi bisa merangkak

Kapan Usia Bayi Bisa Merangkak

Bayi merangkak umur berapa ya? Sebagian besar Bunda belum mengetahui dengan pasti kapan seorang bayi dapat merangkak dengan baik. Setiap bayi memiliki masa yang berbeda-beda untuk bisa merangkak sesuai dengan keadaan mereka. Bayi yang memiliki berat badan lebih besar akan cenderung lebih lamban untuk merangkak karena berat tubuhnya. Tetapi pada umumnya bayi dapat merangkak saat mencapai 6-10 bulan dan inilah usia bayi bisa merangkak.

Pada usia 7 bulan si kecil sudah memiliki keinginan untuk belajar merangkak dan pada usia 10 bulan mereka sudah mulai merangkak. Pada usia 11 bulan, bayi sudah mahir dan terampil untuk merangkak.

Gaya Merangkak Bayi

Ternyata merangkak pada bayi memiliki gaya yang berbeda-beda, hal ini berdasarkan pada ketertarikan dan kenyamanan si kecil. Berikut adalah beberapa gaya merangkak pada bayi:

  1. Merangkak menggunakan tumpuan tangan dan lutut, cara ini paling umum digunakan oleh bayi
  2. Merangkak menggunakan tumpuan tangan dan kaki
  3. Merangkak dengan menggunakan tumpuan perut seperti gaya tentara
  4. Merangkak menggunakan tumpuan pantat dan kaki sehingga seperti ngesotusia bayi bisa merangkak

Cara Melatih Bayi Merangkak

Berikut adalah cara untuk melatih si kecil agar cepat merangkak yang mudah dipraktekkan di rumah:

  1. Tummy time

Salah satu cara untuk melatih bayi agar cepat merangkak yaitu dengan tummy time. Tummy time dilakukan dengan cara memposisikan bayi tengkurap sehingga bayi akan sering mengangkat kepala, tubuh, dan perutnya. Hal ini dapat merangsang bayi untuk cepat merangkak. Lakukan hal ini dua kali sehari sehabis mandi pagi dan sore hari. Bunda dapat mempraktekkan cara ini setelah si kecil berusia 2 bulan lebih.

  1. Letakkan bayi di matras

Untuk merangsang merangkak maka Bunda harus mengurangi intensitas menggendong si kecil dan intensitas menggunakan baby walker. Sebaiknya biarkan si kecil bermain dan bersantai di matras di sore hari agar tubuhnya mendapat rangsangan memenuhi waktu usia bayi bisa merangkak. Tetapi Bunda harus memastikan bahwa di sekitar bayi aman dan tidak ada barang yang membahayakan.

  1. Rangsang dengan mainan favorit

Bunda dapat mengajak si kecil untuk bermain dengan mainan kesukaan mereka dan memberikan semangat dengan tepuk tangan atau pujian agar si kecil happy. Rangsang si kecil dengan meletakkan mainan favoritnya agak menjauh dari si kecil agar dia ingin meraihnya. Lakukan hal ini dengan menyenangkan dan jalin komunikasi yang baik dengan si buah hati.

  1. Memberikan contoh merangkak

Bayi dapat merekam semua hal yang mereka lihat sehingga Bunda dapat memberikan contoh cara merangkak kepada si kecil dengan merangkak bersama dengan mereka. Hal penting yang perlu diperhatikan yaitu pastikan area disekitar untuk merangkak bersih dan bebas dari barang-barang yang membahayakan si kecil.

  1. Terapi pijat

Cara selanjutnya agar bayi bisa merangkak dengan baik yaitu dengan melakukan terapi pijat. Hal ini dapat dilakukan jika bayi mengalami kesulitan dan keterlambatan merangkak, tetapi sebelum melakukan terapi pijat sebaiknya Bunda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi masalah pada kesehatan dan pertumbuhan si kecil.

Demikian informasi seputar usia bayi bisa merangkak dan cara menstimulasi bayi agar bisa merangkak dengan baik yang dapat dipraktekkan dengan mudah di rumah.