Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi ?

Bayi rewel saat tumbuh gigi adalah suatu periode yang sangat normal terjadi dan akan dialami oleh setiap orangtua yang bayinya baru akan mengalami proses tumbuh gigi. Yang berbeda hanya tingkat kerewelan si bayi; ada bayi yang dapat menjadi benar-benar rewel ketika sedang tumbuh gigi dan ada bayi yang hanya akan menangis sesekali disertai dengan ketidaktertarikan untuk bermain seperti biasanya. Jadi, ketika akan mengalami tumbuh gigi; ada bayi yang akan menjadi rewel dan ada bayi yang sebaliknya akan menjadi pendiam.

Pada umumnya, setiap menjelang tumbuh gigi, bayi menjadi lebih rewel atau lebih tidak aktif dari biasanya karena tumbuh gigi dapat menyebabkan bayi terkena demam ringan hingga tinggi. Ringan atau tingginya demam bayi juga disebabkan oleh daya tahan tubuh setiap bayi yang juga berbeda-beda.


Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Orangtua harus rela untuk tersita perhatiannya ketika bayi rewel saat tumbuh gigi. Sebaiknya, orangtua bersabar dan tidak memberikan si bayi terapi instan ketika ia sedang rewel karena tumbuh gigi. Jika Anda dapat menghidari obat, maka sebaiknya hindarilah. Bayi yang sedang mengalami tumbuh gigi bukan sedang mengalami sakit, tubuhnya hanya sedang beradaptasi dengan kehadiran si gigi baru. Jadi, walaupun bayi Anda demam Anda tidak perlu tergoda untuk memberikannya obat untuk demam atau turun panas.

Bayi Rewel Saat Tumbuh GigiBayi Rewel Saat Tumbuh GigiBayi Rewel Saat Tumbuh GigiBayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Bayi rewel saat tumbuh gigi kondisinya dapat berangsur-angsur membaik segera setelah si gigi baru tumbuh. Anda baru boleh khawatir jika setelah si gigi baru menampakkan diri, demam atau rewel bayi Anda tidak kunjung berhenti. Kalau si kecil Anda rewel sementara gigi barunya sedang menunggu tumbuh, Anda tak perlu cemas berlebihan.

Karena kondisi dimana bayi rewel saat tumbuh gigi adalah sesuatu yang normal dan bukan tanda-tanda adanya sakit atau penyakit, yang perlu Anda lakukan hanya membantu si bayi agar tetap tenang. Jika si bayi tenang. Anda tentunya juga dapat membuat diri Anda lebih tenang bukan? Nah, ada cara alami untuk mengatasi rewelnya si bayi saat sedang tumbuh gigi.

Jangan tergoda untuk melakukan cara cepat seperti meminumkan si bayi obat, karena semakin sering Anda menghindari untuk memberikan bayi obat akan semakin baik. Imun bayi perlu waktu untuk bekerja, dan mengkonsumsi obat terlalu sering dapat bersifat kontraproduktif bagi sistem imun bayi Anda.

Coba berikan bayi Anda sepotong buah dingin untuk digigit-gigit atau untuk sekedar dikemut-kemut. Ini akan membantu menetralkan rasa geli di sekitar gusi bayi Anda dan sekaligus menenangkan rasa gelisahnya. Plus, bayi tentunya akan lebih sedikit menangis. Berikan buah yang ia sukai untuk hasil lebih baik. Demikian sedikit tips mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi.


TAGs: bayi rewel tumbuh gigi, skema tumbuh gigi bayi, tumbuh gigi bayi rewel

Scroll Up