Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Bantal Tidur Bayi Yang Bagus

Sebenarnya bayi tidak harus menggunakan bantal tidur ketika ia tidur, walaupun dengan memakai bantal tidur bayi yang bagus, nyaman ataupun lembut. Biasanya orang tua berfikiran bahwa menggunakan bantal berbentuk huruf U sangat baik bagi anak, berfungsi untuk membuat kepala anak terbentuk dengan sempurna, karena biasanya bayi yang baru lahir hingga usia mereka 2 tahun belum terbentuk secara sempurna. Padahal penggunaan bantal pada bayi malah akan menyebabkan beberapa hal yang membahayakan bagi bayi.

Pemakaian Bantal Tidur Bayi Yang Bagus Tetapi Mengundang Bahaya

Banyak sekali orang tua yang tidak tahu akan bahaya bantal bagi bayi, mereka mengira bahwa pemakaian bantal pada bayi akan membantu membentuk kepala bayi dengan sempurna. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan bahwa pemakaian bantal pada bayi sangat berbahaya, pertama ketika kepala bantal diletakkan pada bantal berbentuk U maka bayi akan kesulitan untuk membalik atau memutar kepalanya kesalah satu sisi ketika ia muntah atau bisa juga disebut gumoh,maka hal ini akan membuat bayi tersedak oleh muntahannya sendiri.bantal tidur bayi yang bagus

bantal tidur bayi yang bagus

Kedua, bantal juga berpotensi membuat nafas pada bayi sesak, jika bantal sobek maka bisa jadi isi dari bantal akan keluar dan masuk kedalam mulut bayi, sehingga menyebabkan bayi tersedak juga, dan yang terahir adalah bahwa banyak kejadian yang dialami bayi menggunakan bantal mengalami kematian mendadak, hal ini terkenal dengan nama SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome.

SIDS ini adalah kematian mendadak yang dialami oleh bayi ketika ia tidur, biasanya hal ini terjadi di boks tempat tidur mereka. Namun jika anda menginginkan bayi memakai bantal maka ada beberapa tips dan saran yang bisa anda lakukan. Yaitu :

  1. Ketika malam hari atau ketika bayi akan tidur maka jauhkan bayi dari bantal
  2. Jika tertidur dengan menggunakan bantal maka ambil pelan pelan bantal tersebut
  3. Anda bisa menggunakan bantal ketika bayi tertidur dengan catatan anda mengawasinya, maka tidur yang bisa dilakukan adalah tidur siang.
  4. Anda bisa menggunakan bantal yang berisi dari bahan yang tidak menimbulkan alergi pada bayi
  5. Sangat disarankan untuk menggunakan bantal polos kalau bisa yang ada sarung yang halus diluarnya, jangan menggunakan bantal yang ada manic manic atau benda kecil lain diluar bantal.
  6. Selalu bersihkan bantal dari debu dan benda benda lainnya, cucilah secara teratur
  7. Jangan letakkan bantal ketika bayi berada diayunan
  8. Anda harus memberi makan ketika bayi berada pada pangkuan anda atau pada posisi seperti menyusui, jangan memberi makan ketika bayi sedang tiduran dibantal.
  9. Selalu periksa bantal secara rutin, takutnya nanti ada bantal yang robekbantal tidur bayi yang bagus

Pemakaian Bantal Pada Bayi Di Usia Yang Tepat

Untuk pemakaian bantal yang tepat pada bayi dimulai dari usia 2 tahun keatas, hal ini untuk mengurangi dampak yang berbahaya yang bisa menyebabkan kematian pada bayi. Namun jika anda ingin mengenalkan bantal pada bayi sebaiknya diwaktu bayi sudah mampu menopang lehernya sendiri, menggerakkan kepala kekanan dan kekiri, dan mampu membalikkan guling yang menutup area wajahnya, sehingga ia mampu bernafas dengan baik tanpa tertutupi oleh bantal.