Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Bahaya Tape untuk Ibu Hamil

Bahaya tape untuk ibu hamil – menjadi ibu hamil memang diperlukan menjaga asupan makan. Banyak sekali makanan yang harus di hindari bagi wanita yang sedang berbadan dua. Pada dasarnya makanan yang memiliki kandungan asam absitrat, merkuri dan alkohol sangat dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Seperti durian, ibu hamil sangat dilarang mengonsumsi durian karena buah yang sangat nyengat baunya itu mengandung alkohol. Namun bukan hanya durian saja makanan yang mengandung alkohol. Tape juga salah satu makanan yang dilarang keras dikonsumsi oleh calon ibu.

 

Ini alasan bahaya tape untuk ibu hamil

Tape merupakan makanan dengan proses fermentasi. Proses fermentasi ini menggunakan mikrorganisme berupa ragi. Di Indonesia, tape merupakan salah satu makanan yang sangat populer dan disini tape terbagi menjadi dua jenis yakni tape singkong dan tape ketan. Karena pembuatannya yang melewati proses fermentasi karbohidrat, maka tape mengandung alkohol. Jumlah alkohol yang dikandung oleh makanan yang biasanya berasa asam ini ditentukan melalui lamanya proses fermentasi bahan berkarbohidrat.Bahaya Tape untuk Ibu Hamil

Bahaya Tape untuk Ibu Hamil

Semakin lama proses fermentasnya, maka akan semakin kuat kadar alkohol yang dikandungnya. Bagi ibu hamil, sedikit atau banyak kadar alkohol, tetap saja ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsmsi makanan atau minuman beralkohol. Oleh sebab itu lah bahaya tape untuk ibu hamil perlu diketahui bersama.

Lalu bagaimana dampak yang ditimbulkan bila masih ngeyel memakan tape ketika mengandung? Berikut ini ialah ulasannya. Pertama, tape dapat menyebabkan Foetal Alcohol Spectrum Disorder pada bayi. Bagi siapa saja wanita yang sedang mengandung di trimester akhir, tape dapat menyebabkan resiko menjadikan anak terlahir cacat. Cacat disebabkan oleh sndrom yang membuat selnya terhambat bertumbuh ketika masih di dalam Rahim.

Contoh cacat yang sering terjadi berupa kelainan pada wajah, kepala yang terlalu kecil, lambat berbicara dan gangguan lainnya ketika dalam proses belajar serta berperilaku. Kedua, dapat menyebabkan Attention Deficit hyperactive disorder. Kelainan tersebut dirasakan pada saat anak tumbuh besar. Ketika besar nanti, anak akan sulit berkonsentrasi dan menjadi sangat hiperaktif tiga kali lipat dari biasanya.

Ketiga, tape bisa menyebabkan kegagalan fungsi hati. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carol Archie dari David Geffen School University menyatakan bahwa megonsumsi tape ketika sedang mengandung dapat meningkatkan resiko penyakit yang dapat mengganggu kesehatan janin. Penyakit gagal fungsi hati pada janin dapat berakibat fatal di kemudian harinya.

Tape yang mengandung alcohol bila dikonsumsi ketika hamil akan mengalir melalui plasenta dan masuk ke dalam system tubuh janin dan bisa dengan cepat mengancam kesehatan fungsi hati. Janin yang dikandung belum dapat menahan kadar alkohol dalam jumlah banyak mau pun sedikit. Hati yang ada pada janin tidak akan mampu menyaring serta menahan kadar alkohol maka hal tersebut akan berpotensi terjadinya gagal fungsi hati. Ya itulah kurang lebih penjelasan mengenai bahaya tape untuk ibu hamil.