Bahaya MSG pada Ibu Hamil

Bahaya MSG pada Ibu Hamil – Monosodium Glutamat merupakan salah satu bahan kimia yang memberikan rasa gurih pada makanan. Orang-orang berpendidikan mempercayai mengonsumsi MSG dapat merusak kesehatan tubuh. Dengan demikian mengonsumsi MSG ketika hamil juga dapat membahayakan diri sendiri dan janin.

Di desa-desa yang ada di Indonesia, para warga masih menggunakan MSG sebagai bumbu penyedap rasa, padahal bila dikonsumsi secara berlebih hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. untuk lebih jauh, mari simak ulasan berikut ini.


Bahaya MSG pada Ibu Hamil Menurut Ahli Medis

MSG terbuat dari fermentasi tetes tebu dan tepung. Kandungan pada MSG terdiri atas air, glutamate, dan sodium. MSG itu sendiri memiliki fungsi sebagai penyedap rasa gurih untuk segala macam olahan makanan. Produk MSG yang berbentuk Kristal dapat dijumpai di produk penyedap makanan sedangkan MSG dengan bumbu campuran dapat ditemukan di bumbu mi instan, penyedap rasa dan sebagainya.

Bila Anda membeli makanan yang diolah oleh pabrik (makanan kemasan), MSG sangat mudah ditemukan. Bahkan makanan yang dijual di warung makan pun tidak akan luput dari campuran MSG sebagai bumbu penyedapnya. Lalu seperti apa sebenarnya Bahaya MSG pada Ibu Hamil?

MSG yang dikonsumsi berlebih pada orang normal dapat mengakibatkan gangguan pada lambung, insomnia, mual, alergi, darah tinggi, diabetes, asma, kelumpuhan, kanker dan bahkan penurunan kecerdasan. Tentunya dampak dari penyedap rasa ini tidak diinginkan bagi setiap orang. Parahnya lagi, masyarakat Indonesia sudah melekat dengan budaya mengonsumsi penyedap rasa.Bahaya MSG pada Ibu Hamil

Bahaya MSG pada Ibu HamilBahaya MSG pada Ibu Hamil

Efek penurunan kecerdasan ini mungkin efek yang sangat menjengkelkan bila dikaitkan dengan kondisi kecerdasan anak bangsa. Jika orang normal saja bisa memiliki efek demikian lalu bagaimana dengan orang hamil?

Pada dasarnya orang hamil pun sama dengan orang normal. Namun, medis mengatakan bahwa MSG tidak dapat mempengaruhi kondisi janin secara langsung karena MSG tidak dapat menembus plasenta jadi tidak akan diserap dalam metabolisme janin. Meski demikian, efek dari MSG yang tadi sudah dijelaskan tetap berdampak pada ibu yang mengandung.

Bila wanita yang mengandung terkena dampak dari MSG itu, maka kesehatan ibu akan terganggu. Bukankah kondisi kesehatan ibu juga akan mempengaruhi kesehatan janin? Jadi MSG yang dikonsumsi ibu hamil akan membahayakan janin secara tidak langsung. Oleh karena itu, demi kesehatan janin dan diri Anda sendiri, hindari mengonsumsi MSG dalam jumlah banyak mau pun sedikit.

Bila sudah terbiasa memasak dengan menambahkan penyedap rasa, Anda bisa menggantinya dengan bumbu dapur yang memberikan rasa gurih lainnya seperti bawang merah atau gula dan garam. Dengan begitu kesehatan Anda akan lebih aman dan terhindar dari Bahaya MSG pada Ibu Hamil.

TAGs: apakah ibu hamil boleh makan yang ada msg, tepung bumbu sajiku aman untuk ibu hamill, hamil muda tidak boleh makan penyedap rasa, aman ga tepung sajiku buat ibu hamil, msg untuk ibu hamil, makan dengan penyedap rasa untuk ibu hamil, hamil makan msg, Efek tepung bumbu sajiku ibu hamil, bolehkah ibu hamil pake penyedap rasa, bolehkah ibu hamil masak pakai penyedap rasa, bolehkah ibu hamil makan makanan mengandung msg, boleh kah di waktu hamil masakan kita campur penyedap, berapa kali makan mie instan untuk bumil, bahaya msg ibu hamil, bahaya makanan yang mengandung msg untuk ibu hamil, apakah boleh ibu hamil masak pakai penyedap rasa, tetes tebu untuk orang hamil

loading...