Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Apa Bahaya Kelengkeng Untuk Ibu Hamil ?

Bahaya kelengkeng untuk ibu hamil ternyata besar yaitu menghambat proses melahirkan. Menurut orang jawa, sebagian besar orang mengetakan bahwa buah kelengkeng merupakan buah yang berpantangan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Namun, beberapa orang juga menyebutkan bahwa kelengkeng sebenarnya banyak bermanfaat untuk ibu hamil. Pendapat yang manakah dari kedua pernyataan tersebut yang benar?

Kelengkeng yang berbahaya untuk ibu hamil ini merupakan mitos jawa, kebenarannya juga belum diketahui secara ilmiah karena masih ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa kelengkeng memiliki khasiat bagi ibu hamil.

baca: Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nangka?

Buah kelengkeng ini memang dapat menimbulkan dampak pada janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil pada saat usia kehamilan muda. Anda bisa mengonsumsinya jika umur kehamilan sudah menginjak 3 bulan ke atas.

Tidak ada bahaya kelengkeng untuk ibu hamil ?

Pada dasarnya semua buah memiliki manfaat bagi kehamilan, tetapi memang ada porsinya untuk masa kehamilan. Misalnya buah kelengkeng dan durian. Pada kehamilan muda, sebaiknya mengurangi makanan buah ini, karena bisa berakibat keguguran, karena adanya kandungan oksigen yang berbahaya jika dikonsumsi banyak.Bahaya Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Bahaya Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Menurut penelitan, buah kelengkeng ini hampir tidak ditemui bahayanya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari buah yang berukuran kecil ini. Manfaatnya salah satunya ialah meningkatkan stamina. Ibu hamil yang mudah lemas disebabkan karena menurunnya stamina. Untuk meningkatkan kembali stamina, kelengkeng ini dapat membantu, karena mempunyai beberapa kandungan zat glukosa dan sukrosa.

baca: Buah yang Dapat Menggugurkan kandungan

Selain itu, buah kelengkeng ini juga bisa membantu menyembuhkan penyakit cacing. Kandungan zat tartic dalam kelengkeng dapat membantu mengurangi penyakit cacing pada ibu hamil. Untuk ibu hamil, disarankan tidak mengonsumsi obat yang mengandung bahan kimia. Lebih baik menggunakan obat alami. Hal itu juga untuk membantu pertumbuhan janin agar lebih maksimal.Bahaya Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Jarang sekali ditemukan adanya bahaya kelengkeng untuk ibu hamil. Justru buah ini memiliki beragam manfaat bagi ibu hamil. Selain sebagai obat cacing, kelengkeng juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Buah kelengkeng ini memiliki kandungan lemak dan protein yang bisa membantu ibu hamil mengatasi gejala-gejala pencernaan yang kerap terjadi.

Manfaat lain yang dimiliki oleh buah berbiji hitam ini ialah memiliki banyak sumber vitamin. Vitamin yang dimiliki ialah vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut merupakan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi sang ibu maupun janin. Vitamin yang dihasilkan juga tidak akan menyebabkan kekebalan dosis, sehingga aman untuk ibu hamil. Kemudian manfaat yang dapat diambil ialah mengatasi susah buang air kecil.

Organ perut yang turun pada masa kehamilan membuat sang ibu terkadang mengalami susah buang air kecil. Untuk mengatasinya Anda memang disarankan untuk memperbanyak minum dan dianjurkan mengonsumsi buah kelengkeng.

baca: Dampak Buah Durian untuk Ibu Hamil

Manfaat-manfaat tersebut sangat baik untuk ibu hamil, para penelitian belum menemukan dampak serius yang dari bahaya kelengkeng untuk ibu hamil. Perlu dipahami  bahwa konsumsi kelengkeng untuk ibu hamil sebaiknya dalam takaran porsi yang wajar sebatas untuk memenuhi keinginan lidah bunda, bukan dalam takaran porsi yang banyak.