Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Bahaya Durian Untuk Ibu Hamil

Bahaya durian untuk ibu hamil bisa saja ada. Bagi ibu hamil, ngidam atau perasaan ingin mengkonsumsi beberapa makanan ketika hamil memang sering terjadi. Keinginan mengkonsumsi beberapa jenis makanan ini memang cenderung wajar. Ketika anda sedang hamil, proses ngidam akan terjadi secara alami. Namun anda juga harus memperhatikan dampak dari makanan yang anda inginkan tersebut untuk kesehatan baik anda maupun si jabang bayi.

Umumnya beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil adalah makanan-makanan yang dimasak setengah matang, makanan-makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan yang mentah, dan makanan-makanan dari bahan keju dan susu yang tidak melalui pasteurisasi, minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, serta minuman yang mengandung alkohol.

Bahaya Durian Untuk Ibu Hamil Dapat Diminimalkan

Lalu, bagaimana dengan durian? Durian memang terkenal bisa membuat perut panas. Apakah durian aman dikonsumsi bagi ibu hamil? Sebenarnya, durian tidak berbahaya bagi ibu hamil. Namun, ada dua kandungan durian yang sebenarnya memiliki resiko bila terlalu banyak dikonsumsi yang harus diketahui para ibu hamil.Bahaya Durian Untuk Ibu Hamil

Durian memiliki dua zat, yaitu alkohol dan asam arachidonat. Asam arachidonat inilah yang sebenarnya bisa menjadi berbahaya bila dikonsumsi terlalu banyak, karena dapat menimbulkan kontraksi yang berujung keguguran pada usia awal kehamilan, serta akan memicu bayi untuk lahir prematur nantinya. Untuk kandungan alkohol pada buah durian akan berdampak mengganggu perkembangan janin dalam rahim yang nantinya akan berakibat bayi akan lahir prematur atau memiliki berat badan yang sangat rendah.

Meskipun demikian, bahaya durian untuk ibu hamil bisa dihindarkan apabila anda mengkonsumsi durian dalam jumlah yang wajar. Kedua zat tadi tidak akan berdampak buruk bagi janin, bila dikonsumsi pada saat masih segar, bersih, dan pada batas kewajaran. Bagaimana dengan produk olahan durian? Apakah masih aman untuk dikonsumsi?

Untuk produk olahan durian, sebenarnya hanya memiliki kandungan arachidonat dan alkohol yang lebih rendah dari buah durian asli. Hanya saja, anda tetap disarankan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan hanya karena kandungan dua zat tadi lebih rendah. Walaupun kandungan zat tersebut lebih rendah, akan tetap memiliki resiko pada janin bila dikonsumsi berlebihan.

Kesimpulannya, buah durian boleh tetap dikonsumsi asal masih dalam batas kewajaran. Mungkin banyak yang bilang bahwa terlalu banyak makan durian akan menyebabkan perut panas. Apakah ini berlaku pada janin? Rasa panas pada perut atau resiko-resiko lain dari durian memang tetap ada, karena dua kandungan zat pada durian tadi.

Namun, hal tersebut dapat diminimalkan dengan dengan mengurangi jumlah porsi durian dan melihat riwayat kesehatan anda. Sangat disarankan bila anda memiliki penyakit diabetes, untuk tidak mengkonsumsi buah durian ini, karena akan menimbulkan masalah pada tubuh yang lain. Itulah sedikit ulasan tentang bahaya durian untuk ibu hamil.