Bahaya Baby Walker untuk Bayi

Baby Walker hingga saat ini banyak dimanfaatkan oleh para ibu untuk melatih bayi berjalan. Penggunaan baby walker memang masih dianggap cukup efektif dalam membantu proses belajar jalan bayi. Selain itu, dengan menggunakan baby walker, ibu juga bisa lebih mudah mengendalikan bayi yang biasanya sangat aktif di masa – masa awal belajar jalan.

Mekipun baby walker dianggap memiliki banyak manfaat, ternyata penelitian baru – baru ini mengungkapkan bahwa bahaya baby walker jauh lebih besar dibandingkan manfaat yang bisa dihasilkannya.


Beberapa Bahaya Penggunaan Baby Walker

  1. Jatuh

Menurut penelitian yang dilakukan salah satu universitas kedokteran di Amerika ditemukan bahwa hampir 50% bayi yang diletakkan pada baby walker pernah mengalami insiden jatuh, baik di lantai datar maupun jatuh dari atas tangga. Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan bayi. Bayi yang jatuh dari baby walker bisa saja mengalami cedera ringan atau dalam kondisi yang parah juga dapat menyebabkan kematian.

bahaya baby walker, Bahaya baby walker, resiko baby walker, bahaya penggunaan baby walker, resiko penggunaan baby walker, bahaya alat bantu jalan bayi, resiko alat bantu jalan bayi

  1. Terjepit dan Tersandung

Bahaya baby walker yang kedua adalah terjepit dan tersandung. Bayi yang diletakkan di baby walker biasanya merupakan bayi yang baru mulai belajar berjalan. Dalam masa – masa ini, bayi cenderung bergerak dengan sangat aktif tanpa peduli resiko yang mungkin bisa ditimbulkannya. Dalam beberapa kasus, akibat gerakan bayi yang sangat aktif ini, bayi yang diletakkan di baby walker sering kali terjepit ataupun tersandung benda – benda yang ada di sekitarnya.

  1. Lebih Lambat Berjalan

Jika selama ini kita berasumsi bahwa penggunaan baby walker akan mempercepat proses belajar jalan anak, maka kini sudah saatnya kita menghapus asumsi yang salah ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu Universitas di Amerika, penggunaan baby walker ternyata malah menghambat proses belajar berjalan bayi. Menurut penelitian ini, bayi yang menggunakan baby walker cenderung lebih lambat berjalan sekitar 3 hinnga 5 minggu dibandingkan dengan bayi yang dibiarkan belajar berjalan secara alami.

  1. Perkembangan Mental Terhambat

Bahaya baby walker yang terakhir yaitu berupa terhambatnya perkembangan mental anak. Masih menurut penelitian yang dilakukan di salah satu Universitas di Amerika, penggunaan baby walker ternyata juga dapat menghambat perkembangan mental dan juga motorik anak. Tidak hanya itu, bayi yang terbiasa menggunakan baby walker juga cenderung menjadi lebih malas belajar berjalan secara alami.


TAGs: bahaya menggunakan babywalker

Scroll Up