>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Bahaya Aspirin untuk Ibu Hamil

Bahaya aspirin untuk ibu hamil – aspirin merupakan salah satu obat yang paling sering menjadi anjuran dokter untuk menanggulangi rasa nyeri. Obat ini bisa meredakan sakit kepala sampai sakit gigi. Meski demikian, obat aspirin juga memiliki efek samping yang tentunya sangat berbahaya bagi wanita yang sedang mengandung.

Pada saat usia kehamilan sedang memasuki trimester akhir, seorang ibu hamil yang mengonsumsi aspirin terbukti akan mengalami gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan janin. Bahkan bisa sampai muncul komplikasi ketika sedang melakukan proses melahirkan. Bukan hanya itu, aspirin yang diminum oleh ibu yang sedang mengandung akan mempengaruhi kualitas asi.

Efek samping dan Bahaya Aspirin untuk Ibu Hamil

Bahaya aspirin untuk ibu hamil yang pertama ialah dapat masalah jantung. Anak yang dilahirkan nanti akan mengalami masalah pada jantung, entah lemah jantung atau bahkan penurunan fungsi pada jantung. Tentunya hal tersebut bukanlah impian bagi seluruh orang tua. Pasalnya penyakit kelainan jantung ini bisa langsung dirasakan ketika anak baru saja dilahirkan, dan bisa berpotensi kematian. Maka dari itu hindari meminum aspirin dari sekarang bagi Anda yang tengah mengandung khususnya pada trimester akhir.Bahaya Aspirin untuk Ibu Hamil

Bahaya Aspirin untuk Ibu Hamil

Tidak hanya itu, mengonsumsi aspirin ketika hamil juga dapat menurunkan berat badan bayi. Pada saat dilahirkan, bayi bisa terlahir dengan berat badan di bawah normal. Hal tersebut memicu bayi harus dirawat di incubator. Kemudian, bayi yang dikandung ketika dilahirkan nanti akan mengalami gangguan pada organ tubuhnya karena aspirin mengandung zat yang sangat berbahaya bagi janin.

Aspirin juga bisa menyebabkan alergi. Bagi beberapa orang yang memiliki alergi obat, mungkin saja aspirin bisa menyebabkan bibir bengkak, hidung gatal, lidah bentol sampa ke masalah pernafasan. Hal tersebut tentunya akan mengganggu ibu hamil ketika sedang mengandung. Kondisi psikologis ibu ketika sedang mengandung haruslah tenang, alergi yang muncul seperti tadi bisa menimbulkan efek panic dan stress. Tentunya hal tersebut sangat membahayakan janin, karena kondisi stress pada ibu bisa membuat bayi terlahir premature.

 

Aspirin juga dapat menyebabkan penggumpalan darah, gangguan hati, sakit ginjal, infeksi perut, stroke, asma kambuh serta pendengaran rusak hingga telinga berdenging. Bila Anda sudah memiliki ketergantungan dengan obat, aspirin mau pun yang lain, Anda akan mengonsumsi obat dengan jangka waktu yang lama sehingga keadaan tersebut akan menimbulkan masalah baru dan bisa mengganggu fungsi hati.

Khususnya aspirin yang di konsumsi setiap hari, dosis akan terkumpul sehingga menjadi lebih tinggi dari biasanya, dan hal tersebut dapat menurunkan fungsi hati dan bisa berbahaya hingga menimbulkan penyakit liver. Jadi mulai sekarang hindari penggunaan aspirin ketika sedang hamil, karena  efek samping dan bahaya aspirin untuk ibu hamil sangat berbahaya.