Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil

Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil – Wanita sering kali merasa aman dari bahaya yang ditimbulkan oleh rokok karena dirinya bukanlah seorang perokok aktif. Padahal, meskipun bukan perokok aktif, setiap orang yang menghirup asap rokok tetap beresiko terserang berbagai macam penyakit.

Untuk ibu hamil misalnya, ibu hamil yang menjadi perokok aktif ataupun pasif dapat membahayakan dirinya sendiri dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Kandungan zat kimia di dalam asap rokok dapat menghambat perkembangan janin serta menimbulkan berbagai macam cikal bakal penyakit pada tubuh janin.


bahaya asap rokok bagi ibu hamil

Bahasa Asap Rokok untuk Janin dan Ibu Hamil

  1. Perkembangan Janin Terganggu

Asap rokok mengandung banyak sekali zat dan juga senyawa kimia yang dapat menggangu tumbuh kembang janin. Janin yang dikandung oleh seorang perokok (aktif atau pasif) cenderung beresiko terlahir cacat dikarenakan proses tumbuh kembangnya terganggu.

  1. Janin Lebih Beresiko Terserang Kanker

Kandungan senyawa kimia berbahaya yang ada pada asap rokok juga dapat menyebabkan berbagai kerusakan sel dan juga gen pada tubuh janin. Kerusakan genetika ini kabarnya dapat menjadi cikal bakal sel kanker pada tubuh janin. Sel kanker ini nantinya akan terus berkembang seiring dengan perkembangan tubuhnya (setelah lahir).

dampak bahaya asap rokok bagi ibu hamil

  1. Janin Beresiko Terlahir dengan Bobot Badan Rendah

Bahaya asap rokok bagi Ibu hamil yang ketiga ada pada bobot badan janin. Bayi yang terlahir dari seorang ibu perokok (aktif ataupun pasif) cenderung beresiko terlahir dengan bobot badan lebih rendah. Hal ini pada dasarnya tidak terlepas dari permasalahan terhambatnya tumbuh kembang janin di dalam kandungan yang disebabkan berbagai senyawa dan zat kimia berbahaya pada asap rokok.

  1. Janin Beresiko Mengalami Kematian

Pada kondisi yang ekstreme, janin yang dikandung oleh ibu hamil perokok (aktif maupun pasif) dapat mengalami kematian di dalam kandungan. Hal ini pada dasarnya sangat jarang terjadi, dan hanya terjadi ketika intensitas asap rokok yang terhisap oleh ibu hamil benar-benar sangat besar.

  1. Ibu Terserang berbagai Macam Penyakit

Sudah menjadi pengetahuan umum dimana rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti jantung, paru-paru, kanker, dan berbagai penyakit lainnya.

Demikianlah informasi mengenai bahaya asap rokok bagi Ibu hamil yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

TAGs: sap bahaya asap rokok bagi ibu hamil