Bagaimana Cara Mendidik Anak Usia 2-3 Tahun ?

Usia 2-3 tahun merupakan usia emas dalam menyerap semua pengalaman dan pengetahuan yang ada di sekitarnya sehingga Bunda harus mengetahui tips mendidik anak usia 2-3 tahun yang benar. Anak yang dididik dengan benar akan memiliki pola pikir yang tepat dan benar yang akan membawanya hingga dewasa, jika orang tua salah mendidik anak di usia ini maka akan terbawa terus hingga mereka dewasa. Bagaimana cara mendidik anak yang benar?

Inilah Cara Mendidik Anak Usia 2-3 Tahun

Berikut adalah beberapa cara mendidik anak usia 2-3 tahun yang benar dan mudah dipraktekkan:
Mendidik Anak Usia 2-3 Tahun


  1. Luangkan waktu untuk berkomunikasi

Hal penting yang harus dilakukan Bunda untuk mendidik si buah hati yaitu dengan meluangkan waktu berkomunikasi dengan si kecil. Tidak hanya di usia 2-3 tahun saja, bayi yang masih dalam kandungan juga dapat merespon suara yang mereka dengar sehingga ahli kesehatan selalu menganjurkan ibu hamil untuk selalu berkomunikasi dengan bayinya yang ada dalam kandungan. Anak usia 2-3 tahun memang belum sepenuhnya mengerti dan paham jika diajak berkomunikasi bahkan terkadang mereka belum lancar berbicara, tetapi si kecil dapat merespon dengan baik yaitu dengan menunjukkan ekspresi wajah atau sikap. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak juga dapat menjalin kedekatan mereka.

  1. Mendengarkan musik

Musik merupakan salah satu alat untuk meningkatkan daya ingat dan IQ anak sehingga Bunda dapat memperdengarkan musik kepada si kecil setiap harinya. Musik yang dianjurkan yaitu music jazz dan klasik. Inilah cara mendidik anak usia 2-3 tahun agar cerdas.

  1. Membacakan cerita atau dongeng

membacakan cerita atau dongeng kepada si kecil dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan berbahasa anak. Semua yang didengar si kecil akan terekam dalam otaknya sehingga anak akan memiliki lebih banyak kosa kata baru yang telah tersimpan dalam otaknya. Bunda dapat membacakan cerita atau dongeng setiap malam menjelang tidur si kecil.Mendidik Anak Usia 2-3 Tahun

  1. Ikut dalam dunia si kecil

Untuk mendidik anak, Bunda harus dapat masuk ke dalam dunia mereka karena anak belum mampu untuk mengerti dunia orang dewasa sehingga Bunda yang harus masuk ke dalam dunia mereka. Bunda dapat bermain bersama si kecil, selain dapat mendidik anak hal ini juga dapat meningkatkan kedekatan si kecil dengan orang tuanya. Inilah salah satu cara mendidik anak usia 2-3 tahun.

  1. Mengajarkan musik

Tidak hanya mendengarkan musik saja, mengajarkan musik kepada si kecil dapat meningkatkan kemampuan otak kanan serta sangat menyenangkan bagi si kecil. Bunda dapat mengajarkan lagu anak-anak sederhana kepada si kecil yang sesuai dengan usianya.

  1. Mengajarkan makanan sehat

Bunda dapat mengenalkan makanan sehat bagi si kecil dan makanan yang tidak baik untuk tubuh mereka sehingga si kecil mampu mebedakan makanan yang baik untuknya dan makanan yang tidak baik untuk kesehatannya.

  1. Mengajarkan kebiasaan kecil

Salah satu cara untuk mendidik anak yaitu dengan mengajarkan dan memberikan contoh kebiasaan-kebiasaan kecil yang baik seperti bersalaman tangan dengan orang yang lebih tua, berbicara sopan, membuang sampah pada tempatnya, berdoa sebelum makan, dan masih banyak lainnya.Mendidik Anak Usia 2-3 Tahun

  1. Memberi kebebasan si kecil untuk berekspresi

Anak usia 2-3 tahun akan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga mereka akan mencoba hal-hal baru yang telah mereka lihat. Bunda harus memberi kebebasan kepada anak untuk berekspresi tetapi tetap dengan pengawasan yang ketat.

Demikian informasi seputar mendidik anak usia 2-3 tahun yang benar dan dapat dipraktekkan dengan mudah di rumah, selamat mencoba.


TAGs: cara mendidik anak 2 3ahun, pengetahuan anak usia 2 3 tahun

Scroll Up