Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Bagaimana Cara Melatih Bayi Duduk Sendiri?

Salah satu tahapan yang harus dilalui oleh bayi dalam tumbuh kembangnya yaitu duduk dan Bunda sebaiknya mempelajari cara melatih bayi duduk yang tepat dan benar untuk perkembangan si buah hati. Pada umumnya bayi usia 6 bulan dapat tengkurap sendiri dan berguling-guling sendiri, setelah itu tahapan selanjutnya adalah duduk. Bagaimana cara melatih bayi untuk duduk?

Inilah 7 Cara Melatih Bayi Duduk

Bayi membutuhkan latihan terlebih dahulu untuk memposisikan tubuhnya duduk. Posisi duduk membutuhkan kekuatan dan kesiapan tubuh bayi sehingga sebelum melatih si kecil duduk maka pastikan terlebih dahulu bahwa bayi telah siap dan kuat untuk duduk.Cara Melatih Bayi Duduk

Berikut adalah beberapa cara melatih bayi duduk dengan benar:

  1. Melatih si kecil untuk menyeimbangkan tubuhnya

Hal penting yang diperlukan untuk duduk adalah keseimbangan tubuh agar tidak terguling saat duduk. Bunda dapat melatih keseimbangan tubuh si kecil dengan membiasakannya duduk dipangkuan dengan posisi tangan Bunda menopang punggung si kecil yang belum kuat sepenuhnya, selain itu Bunda dapat melatih si kecil dengan membaringkannya kemudian menarik kedua tangannya hingga posisi si kecil menjadi duduk.

  1. Mengajari menggunakan tangan untuk menopang tubuh

Cara selanjutnya yaitu mengajarkan si kecil untuk menggunakan tangan mungilnya untuk menopang tubuhnya saat duduk agar tidak terguling. Caranya yaitu posisikan kedua tangan si kecil di depan tubuhnya sehingga tubuhnya condong ke depan, kedua tangannya secara otomatis akan menopang tubuhnya agar tidak terguling. Untuk menghindari cedera maka Bunda dapat mengelilingi si kecil dengan bantal empuk untuk melindungi tubuhnya. Inilah cara melatih bayi duduk dan merangkak yang mudah dipraktekkan di rumah.

  1. Melatih tanpa menggunakan tangan

Langkah selanjutnya yaitu melatih si kecil tidak menggunakan kedua tangannya untuk menopang tubuhnya saat posisi duduk. Awalnya si kecil akan menggunakan satu tangannya kemudian akan berani untuk tidak menggunakan tangannya.

  1. Membenahi posisi duduk si kecil

Setelah si kecil berani duduk tanpa menggunakan bantuan tangannya maka Bunda dapat membenahi posisi duduk si kecil agar lebih baik lagi. Bunda dapat membiasakan si kecil untuk duduk dengan posisi punggung dan kepala tegak.

  1. Menyandarkan tubuh di dada

Bunda dapat melatih si kecil untuk duduk dipangkuan dengan menyandarkan tubuhnya di dada Anda sehingga si kecil merasa nyaman dan terlindungi.

  1. Menstimulasi dengan mainan

Saat si kecil berada dalam pangkuan Anda maka pancinglah dengan menggunakan mainan favoritnya dan biarkan si kecil meraih mainan tersebut dengan kedua tangannya. Hal ini dapat melatih keseimbangan tubuh dan juga kekuatan leher dalam menopang kepalanya.

  1. Menggunakan sandaran empuk

Bunda dapat melatih si kecil duduk sendiri dengan menggunakan sandaran empuk setinggi dadanya sehingga si kecil dapat menopang tangannya di sofa dan menyandarkan tubuhnya. Sandaran empuk yang dapat digunakan seperti sofa setinggi dada si kecil. Inilah cara melatih bayi duduk sendiri yang meminimalisir terjadinya cedera.Cara Melatih Bayi Duduk

Proses belajar duduk untuk si kecil akan memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1-3 bulan lamanya. Bunda dapat melatih si kecil untuk duduk pada usia 5-6 bulan karena tubuh bayi sudah kuat dan otot leher juga semakin kuat.

Pada umumnya si kecil dapat duduk sendiri tanpa bantuan apapun pada usia 7-10 bulan, jadi jika si kecil belum dapat duduk sendiri di usia lebih dari 10 bulan maka Bunda perlu waspada dan segera memeriksakannya ya.

Demikian informasi seputar cara melatih bayi duduk yang mudah untuk dipraktekkan untuk si kecil di rumah bersama dengan Bunda, selamat mencoba.