Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Asam Folat Saat Hamil Dari Buah & Sayuran

Asam folat atau juga bisa disebut vitamin B9 adalah nutrisi yang sangat dianjurkan untuk dipenuhi khususnya untuk ibu hamil. Mengapa? Menurut beberapa pakar di bidangnya, asam folat bekerja secara aktif untuk pembentukan eritrosit atau sel darah merah, perbaikan DNA, dan juga baik untuk pertumbuhan dan peremajaan sel.

Asam folat saat hamil sangat penting karena kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan menurunnya kondisi mental hingga depresi. Namun, nutrisi ini tidak dapat diproduksi tubuh secara mandiri namun harus didukung penuh dengan asupan yang banyak mengandung B9 di dalamnya.

Asupan Asam Folat Saat Hamil Trimester 1/2/3 : Buah Dan Sayuran

Seperti sudah menjadi rahasia umum bahwa buah dan sayuran mempunyai nutrisi yang sangat penting tubuh, begitu pula dengan kebutuhan asam folat ibu hamil. Untuk meningkatkan kesehatan janin bunda, usahakan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran sesering mungkin. Berikut ini adalah beberapa buah dan sayuran yang dapat bunda konsumsi untuk meningkatkan nutrisi asam folat bunda.Asam Folat saat hamil 4

Asam Folat saat hamil 4

  1. Sayuran Yang Mempunyai Daun Hijau Tua

Usahakan banyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi dan juga selada yang mana sayuran-sayuran ini sangat bagus untuk membantu mem-back up asupan asam folat saat hamil. Sayuran-sayuran ini juga sangat disarankan untuk wanita yang menginginkan diet sehat.

  1. Asparagus & Brokoli

Mengkonsumsi asparagus sedikitnya satu cangkir berarti anda sudah mem-back up 65 % nutrisi yang anda butuhkan untuk sehari. Asparagus yang dimasak dengan cara direbut mengandung 262 mc folat. Selain berperan aktif untuk menyumbang asam folat, asparagus juga diketahui mengandung vitamin A, C, K dan mangan yang mana semua nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selanjutnya brokoli, sayuran hijau satu ini dikenal sangat baik sebagai pendetox alami terhadap berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi secangkir brokoli akan menyumbang 24 % nutrisi yang anda butuhkan dalam sehari. Dalam pengolahannya disarankan untuk merebusnya setengah matang atau anda bisa memilih brokoli organik dan mengkonsumsinya mentah – mentah.

Asam Folat untuk ibu hamil 4

Asam Folat saat hamil 4

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk bisa dikatakan sebagai salah satu buah penyumbang asam folat saat hamil tertinggi yang sangat dianjurkan untuk bunda konsumsi. Satu buah jeruk mengandung kadar 50 mc folat, bahkan kadar lebih bisa anda dapatkan dengan cara mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Buah – buah lain yang juga mempunyai peran aktif dalam menyumbang folat untuk tubuh anda adalah Raspberry, Strawberry, Jeruk Bali, Pepaya yang masing – masing mengandung 14 mc, 25 mc, 40 mc dan 115 mc dengan daya back up nutrisi tubuh 4%, 6,5 %, 8 %, 30 % dari total kebutuhan nutrisi yang anda butuhkan dalam satu hari.