DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Arti Huruf Hijaiyah (Tafsir Makna Tulisan dan Cara Bacanya)

Setiap umat muslim sangat dianjurkan untuk bisa membaca Al Quran. Dalam membaca Al Quran, seseorang perlu menguasai aksara yang digunakannya, yakni Huruf Hijaiyah. Huruf Hijaiyah merupakan huruf-huruf yang digunakan dalam penulisan Al Quran dan Hadits.

Huruf ini berupa sekumpulan sistem lambang bahasa lisan maupun tulis dalam bahasa Arab. Jumlah huruf Hijaiyah tak jauh beda dengan huruf latin. Jika huruf latin terdiri dari 26 huruf, yakni huruf A sampai Z. Sedangkan huruf hijaiyah terdiri dari 29 huruf, yakni huruf alif sampai ya.

Penguasaan huruf Hijaiyah bagi generasi Islam cukup penting. Lahirnya para Hafiz dan hafizah, ahli tafsir, dan pakar transliterasi pun diawali dengan mengenal huruf hijaiyah. Bahkan, hal yang paling sederhana bagi seseorang untuk mendapat hikmah Al Quran adalah dengan mengenal huruf hijaiyah.

Setelah memahami dan mengenal huruf hijaiyah, seseorang bisa dengan lebih baik mempelajari Al Quran. Gerangan yang istiqamah dalam membaca dan mengamalkan Al Quran pun kelak kuburnya akan diterangi dnegan cahaya.

Sebelum sampai pada tahap demikian, seseorang harus dari awal mempelajari Al Quran melalui huruf hijaiyah. Membaca Al Quran bagi yang belum memahami huruf Hijaiyah bersambung terasa begitu rumit. Oleh karena itu, dalam belajar membaca Al Quran, seseorang harus terlebih dahulu belajar memahami huruf Hijaiyah.

Seseorang juga harus menghapal semua huruf hijaiyah baru kemudian memahami bagaimana sistem penulisan huruf tersebut ketika bersambung dengan huruf hijaiyah lainnya. Apa saja huruf-huruf hijaiyah itu?

Makna dan Arti Huruf Hijaiyah

Menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya, ayat-ayat pembuka dalam Al Quran pun memiliki makna, antara lain berupa nama-nama Allah SWt. Hal in sebagaimana riwayat Ibnu Jurair dari Ibnu Mas’ud, dia berkata “huruf hijaiyah adalah nama Allah yang besar,”. Selain itu, Ibnu Abbas berkata, “Alif lam mim, tha sin mim, min nun dan yang serupa adalah sumpah yang dengannya Allah bersumpah, yaitu termasuk nama-nama Allah”.

Huruf-huruf Hijaiyah dan Cara Baca Huruf Hijaiyah

Huruf Hijaiyah terdiri dari 15 huruf bertitik dan 14 huruf tidak bertitik, sebagaimana berikut:

arti huruf hijaiyah arti huruf hijaiyah arti huruf hijaiyah arti huruf hijaiyahHuruf Hijaiyah juga dibagi menjadi huruf Syamsiyah dan huruf Qomariah. Secara tajwid, huruf-huruf Syamsiyah adalah huruf-huruf yang didahului alif lam maka bunyi alif lam tidak terbaca. Sedangkan huruf-huruf Qomariyah apabila bertemu dengan huruf alif lam maka bunyi alif lam dibbaca jelas.

Huruf Syamsiyah adalah ta, tsa, da, dza, ra, za, sa, sya, sha, dha, tho, ẓa, lam, dan nun. Huruf Qomariyah terdiri dari hamzah, ba, ja,ḥa, kha, ain, gha, fa, qa, ka, ma, wa, ya, dan ha.Kata Syamsiyah sendiri dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai matahari dan Qomariyah berarti bulan.

Huruf Hijaiyah dan Tajwid

arti huruf hijaiyah arti huruf hijaiyah arti huruf hijaiyah arti huruf hijaiyah
Tajwid secara harfiah bermakna membaguskan. Ilmu Tajwid sangat berkaitan dengan huruf Hijaiyah. Ilmu Tajwid merupakan ilmu yang digunakan dalam membaca Al Quran dengan benar, dengan menempatkan bunyi dan sifat-sifat yang dimiliki setiap hurufnya.

Tajwid atau cara membaca Al Quran dia atur dalam hukum nun mati dan tanwin, mim mati, mim dan nun tasyidid, alif lam, idgham, mad, ra, qalqalah, makhraj, dan tanda-tanda waqaf.

Huruf Hijaiyah dan Kearifan Budaya Bangsa

Islam sebagai rahmatan lil alaminmemang membawa dampak bagi sekecil apapun kehidupan. Salah satunya ke dalam budaya, di Indonesia huruf Hijaiyah menginspirasi para perancang mode dan untuk membuat batik bermotif huruf Hijaiyah.

Huruf Hijaiyah juga secara tidak langsung membentuk budaya di Indonesia dalam hal literasi. Masuknya ajaran Islam ke Nusantara meninggalkan peninggalan aksara berupa Arab pegon, yakni sistem bahasa beraksara huruf hijaiyah namun berbahasa Melayu.

Belajar adalah sebuah keharusan, apalagi mempelajari ilmu agama. Selain menambah pengetahuan, ilmu agama juga mempelajari ilmu agama juga memberikan pahal yang berlimpah.

Aisyah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).