DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Baby Moon dan Segala Hal yang Calon Bunda Perlu Tahu

Baby moon untuk beberapa orang pasti masih asing di telinga. Sebenarnya apakah baby moon? Baby moon merupakan moment honeymoon sebelum melahirkan sang buah hati. Biasanya, para ibu hamil melakukan babymoon di tempat-tempat indah untuk menghabiskan waktu sebelum menjadi orangtua yang akan memiliki kesibukan baru atas kehadiran buah hati tercinta.

Tentang babymoon yang sering dilakukan pasangan

Kalau honeymoon dilakukan setelah pasangan menikah, maka arti baby moon adalah perjalanan rileks dan santai yang biasanya dilakukan sebelum namun juga bisa sesudah melahirkan. Tujuan umumnya adalah agar pasangan dapat menghabiskan waktu bersama sebelum menjadi orang tua dan sibuk mengurus bayinya.

Istilah babymoon sendiri diperkenalkan oleh seorang penulis Inggris yang sudah banyak menerbitkan buku-buku tentang kehamilan, yaitu Sheila Kitzinger.

Babymoon memang kadang diperlukan sebab dapat membuat sang ibu lebih rileks. Jika babymoon dilakukan sebelum melahirkan maka hal tersebut dapat menjadi moment persiapan diri dalam menghadapi situasi baru sebagai orang tua seutuhnya.

Menghabiskan waktu bersama yang berkualitas dengan sang suami juga dapat lebih mematangkan persiapan dalam menghadapi kelahiran dan mengurus buah hati.

apa itu baby moon - tips baby moon - waktu yang tepat untuk baby moon

Waktu yang tepat untuk babymoon

American Congress of Obstericians Gynecologist atau ACOG memberikan informasi valid mengenai waktu yang tepat untuk baby moon. Waktu yang paling tepat ialah pada saat usia kehamilan 14 hingga 28 minggu atau trisemester kedua. Ibu hamil harus menghentikan kegiatan travelling saat memasuki usia kehamilan 32 minggu. Pada trisemester kedua kondisi kandungan sudah stabil.

Analoginya sama seperti sekolah SMA, kelas dua adalah momen terbaik, tidak di bully senior, juga tidak pusing memikirkan ujian. Pada kehamilan, periode trimester kedua merupakan kondisi paling stabil, sudah tidak merasakan keluhan semisal mual, morning sickness, pusing, anemia, dsb.

Persiapan yang paling penting saat Baby moon

Beberapa persiapan haruslah dilakukan sebelum melakukan perjalanan babymoon. Persiapan tersebut antara lain.

  • Menentukan lokasi yang tepat

Hal yang paling penting untuk disiapkan sebelum melakukan babymoon adalah lokasi tujuan perjalanan. Pilihlah lokasi yang indah, nyaman serta aman. Dan yang paling penting, selalu perhatikan jarak tempuh lokasi liburan dengan hotel supaya tidak kelelahan dalam perjalanan.

  • Memilih maskapai penerbangan yang tepat

Saatnya memilih maskapai penerbangan yang tepat pula. Jangan lupa untuk memastikan maskapai tersebut mengijinkan penerbangan untuk wanita hamil dan mintalah surat ijin terbang dari dokter supaya lebih tenang dalam melakukan perjalanan. Pilih tempat duduk yang dekat dengan toilet.

  • Pilih lokasi yang dekat dengan pelayanan kesehatan

Persiapan baby moon yang selanjutnya adalah menentukan atau memilih lokasi penginapan dan lokasi liburan yang dekat dengan fasilitas kesehatan. Dengan demikian, Anda dan pasangan akan lebih tenang dan nyaman saat melakukan perjalanan babymoon.

  • Selalu membawa camilan dan air mineral

Lalu, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral dengan camilan sehat. Air mineral dan camilan tentu saja digunakan untuk mencukupi asupan si buah hati.

Pantangan Ibu Hamil : Makanan, Minuman, Aktivitas, Pamali

Manfaat BabyMoon untuk Bunda, Suami dan Janin

Ternyata baby moon sudah sangat familiar dan sering dilakukan oleh para pasangan yang menantikan kedatangan buah hati. Yang terpenting dalam melakukan babymoon adalah memperhatikan usia kandungan dan beberapa faktor lainnya.