Obat Radang Tenggorokan Anak yang Bekerja Aman dan Efektif

Obat radang tenggorokan anak tak dapat dipilih secara sembarangan karena harus memperhatikan beberapa faktor salah satunya adalah usia sang buah hati. Radang tenggorokan memang sering muncul pada anak-anak karena beberapa faktor seperti infeksi yang disebabkan oleh infeksi bakteri serta kuman.

Indikasi terserang radang tenggorokan antara lain tenggorkan nyeri saat menelan, pilek, batuk dan pembesaran amandel.

Berbagai obat radang tenggorokan anak alami

  • Madu murni

Madu murni yang memiliki rasa manis ternyata merupakan salah satu obat radang tenggorokan anak alami yang dapat diberikan pada anak yang sedang menderita radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan madu yang memiliki zat anti bakteri yang terkandung di dalamnya serta mampu menangkal dan mengatasi virus serta jamur yang mungkin tumbuh di area tenggorokan dan membuatnya semakin terasa nyeri.

Untuk mengobati radang tenggorokan dengan madu murni, caranya sangat mudah yaitu dengan memberikan 1 sendok makan madu murni pada anak untuk segera ditelan.

Cara yang lain yang dapat dilakukan adalah dengan melarutkan madu ke dalam segelas air lalu mintalah anak untuk meminumnya. Yang perlu diingat, untuk anak usia di bawah 1 tahun, belumlah diperbolehkan untuk mengonsumsi madu sehingga pengobatan radang tenggorokan dengan madu ini hanya dapat dilakukan pada anak di usia 1 tahun ke atas.

  • Air garam untuk berkumur

Apabila anak sudah berusia cukup besar dan sudah dapat berkumur, air garam juga sangat efektif digunakan untuk mengobati radang tenggorokan dengan cara di kumur. Cara membuat larutan garam untuk berkumur ini pun sangat mudah. Tinggal larutkan saja ΒΌ sendok teh garam ke dalam 1 gelas air matang hangat.

Ingat, airnya haruslah hangat untuk hasil yang maksimal. kemudian tambahkan 1 sendok makan Listerine (jika mau) lalu aduk rata dan gunakan untuk berkumur selagi masih hangat. Larutan garam dan air hangat dapat membantu dalam membasmi kuman dan bakteri yang menyebabkan rasa nyeri dan terbajar di area tenggorokan yang membuatnya sakit saat digunakan untuk berbicara atau untuk menelan.

  • Minuman putih hangat

Cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan meminum air putih hangat yang banyak. Dengan demikian, anak tidak akan kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi serta membuat dahak lebih encer serta menjaga kelembaban pada saluran tenggorokan. Masalah yang sering muncul adalah anak tidak suka air putih, untuk itu, dapat diganti dengan susu, jus atau kuah sop yang menyehatkan.

  • Jeruk nipis

Salah satu ciri radang tenggorokan pada anak adalah tenggorokan sangat sakit saat digunakan untuk menelan, terkadang batuk dan pilek srta amandel yang membesar. Untuk melegakan saluran tenggorokan, anak dapat diminta untuk berkumur dengan larutan 2 sendok perasan jeruk nipis yang dilarutkan dalam air. Kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan dapat membuat larutan ini efektif membunuh kuman dan bakteri serta mencaharkan dahak yang terlalu kental.

Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif

Semoga informasi mengenai berbagai obat radang tenggorokan anak secara alami di atas dapat berguna dan bermanfaat!





SUB KATEGORI ARTIKEL
Usia Hamil 1 s/d 40 Minggu
Resep Masakan
Desain Rumah
Wisata Kuliner
Pre Wedding
Henna Art
Tips Kesehatan
Tips Finansial
Tips Kecantikan
Tips Fashion
Program Hamil
Tips Ibu Hamil
Janin 1-9 Bulan
Info Persalinan
ASI dan MPASI
Info Imunisasi
Baby and Kids
Tips Parenting
Pil/Suntik KB