Manfaat Daun Sirih Untuk Mata yang Memerah, Gatal dan Perih

Manfaat daun sirih untuk mata memang sangat besar dan sudah turun temurun dari nenek moyang. Selain sangat baik bagi kesehatan organ intim pada wanita, berbagai kandungan zat yang terdapat dalam daun sirih sangatlah manjur digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi ada mata. Apa saja kira-kira manfaat daun sirih untuk kesehatan mata? Simak informasi lebih lanjutnya.

4 manfaat daun sirih untuk mata

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalah pada mata:

  1. Mengobati mata perih dan gatal

Masalah kesehatan mata yang paling sering muncul dan mengganggu karena aktivitas mata yang tidak sehat adalah mata menjadi perih dan gatal. Perih dan gatalnya mata juga dapat disebabkan oleh semakin terkikisnya tingkat kekebalan mata terhadap berbagai gangguan seperti debu, asap atau polusi lainnya yang membuat mata menjadi terasa perih, gatal dan panas.

Apabila saat gatal datang dan mata dikucek, maka yang terjadi mata justru perih dan memerah. Khasiat daun sirih untuk mata sangat efektif diaplikasikan pada mata dengan masalah tersebut.

Untuk mengaplikasikan daun sirih sebagai obat untuk masalah ini cukup rebus 4 helai daun sirih yang sudah dicuci bersih hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya.

  1. Mengatasi iritasi mata memerah

Debu, asap kendaraan, terik sinar matahari, lampu smartphone atau laptop dan masih banyak lagi merupakan beberapa hal yang dapat mendatangkan iritasi pada mata sehingga mata menjadi memerah.

Masalah mata ini memiliki istilah dokter konjungtivitas yang terjadi karena terdapat peradangan pada bola mata yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur serta kuman yang semakin memperparah iritasi.

Namun daun sirih dapat mengatasinya dengan cara merebus 3 helai daun sirih yang sudah dicuci bersih sampai mendidih. Kemudian diamkan sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata 3 kali sehari dan dilakukan secara rutin 3 hingga 7 hari.

Yang terpenting dalam hal ini adalah terjaganya kebersihan dan kesterilan air maupun daun sirih dan proses perebusannya. Jika tidak, iritasi mata justru akan semakin buruk atau parah.

  1. Mengobati mata minus

Manfaat daun sirih untuk mata minus juga dapat diaplikasikan dengan hasil yang memuaskan. Kini mata minus tak hanya dialami oleh orang dewasa saja namun juga anak-anak hingga remaja.

Gangguan mata minus dapat terjadi karena beberapa faktor seperti gemar membaca namun tidak dengan posisi yang benar, melihat televisi terlalu dekat dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi masalah ini, rebuslah 5 helai daun sirih yang sudah dicuci bersih dalam air bersih sampai mendidih.

Gunakan sebagian untuk mencuci mata dan sebagian lagi untuk diminum. Jika dilakuka secara rutin, minus pun akan berkurang dan sembuh.

  1. Mengatasi belekan

Manfaat mencuci mata dengan air daun sirih dapat dirasakan secara optimal ketika mengalami belekan dengan indikasi mata gatal memerah disertai munculnya kotoran berwarna kuning yang pekat.

Untuk mengatasinya, rebus 3 helai daun sirih bersih pada air bersih sampai mendidih lalu saat hangat-hangat suam kuku atau cenderung dingin, celupkan mata ke dalam air tersebut sambil membuka mata, lakukan secara rutin.

Cara Mengatasi Kantung Mata

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun sirih untuk mata yang dapat diterapkan dan dilakukan dengan mudah. Zat yang terkandung dalam daun sirih juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata dan mengatasi berbagai masalah mata.





SUB KATEGORI ARTIKEL
Usia Hamil 1 s/d 40 Minggu
Resep Masakan
Desain Rumah
Wisata Kuliner
Pre Wedding
Henna Art
Tips Kesehatan
Tips Finansial
Tips Kecantikan
Tips Fashion
Program Hamil
Tips Ibu Hamil
Janin 1-9 Bulan
Info Persalinan
ASI dan MPASI
Info Imunisasi
Baby and Kids
Tips Parenting
Pil/Suntik KB