Manfaat Buah Naga yang Ternyata Sangat Luar Biasa Berkhasiat

Menurut hasil penelitian, terkandung banyak manfaat buah naga untuk ibu hamil. Buah naga awalnya diduga berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Di Asia, buah naga telah cukup lama dikenal oleh masyarakat China, karena buah ini sering digunakan sebagai sesembahan pada acara-acara keagamaan.

Buah naga bentuknya khas, dan warna merah seolah-olah seperti sisik naga. Sekarang buah ini sudah popular sebagai buah yang memiliki rasa yang khas dan lezat dan menyegarkan, dan juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Apa sajakah manfaat buah naga bagi ibu hamil?

Mengandung Karbohidrat

Dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 hingga 14 gram karbohidrat. Selama masa kehamilan, wanita direkomendasikan untuk mengkonsumsi karbohidrat minimal 135 gram per hari. Yang telah diketahui bahwa karbohidrat adalah sumber utama energi untuk ibu hamil,  itu sangat bermanfaat untuk bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan.

Mengandung serat

Serat pada makanan akan membantu mengatur fungsi usus secara baik. Kesulitan BAB atau konstipasi adalah masalah yang umum terjadi pada masa kehamilan. Dengan demikian, ibu hamil itu perlu untuk memastikan cukup serat supaya dapat mengatasi masalah ini.

Di dalam satu porsi buah naga, diperkirakan mengandung 0,3-0,9 gram serat. Selain itu disarankan setidaknya 28 gram serat perhari ketika anda sedang hamil. Anda dapat mencampurkan buah naga dalam satu campuran buah-buah yang mengandung serat juga.

manfaat buah naga

Mengandung Folat

Berdasarkan hasil penelitian, buah naga mengandung folat, nutrisi ini sangat diperlukan untuk wanita hamil. Folat berperan dalam pembentuka sel darah merah, jika seorang wanita hamil kekurangan folat, kemungkinan besar bayinya dapat mengalami cacat tabung saraf atau yang dikenal dengan Neural Tube, atau cacat pada saraf.

Membantu pertumbuhan sel darah merah

Setiap 100 gram buah naga diketahui mengandung 0,55 zat besi. Zat besi itu akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah, sehingga berfungsi untuk mencegah masalah kurang darah atau anemia. Seperti yang diketahui, wanita yang sedang hamil sangat rentan terhadap masalah kesehatan yang satu ini.

Selain itu, bayi yang ada dalam kandungan juga sangat membutuhkan pasokan nutrisi dan oksigen yang baik untuk memaksimalkan pertumbuhanya. Memiliki sel darah merah yang cukup adalah hal yang harus bagi ibu hamil, fungsinya adalah bertugas untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membantu ibu hamil terhindar dari masalah tersebut.

manfaat buah naga, khasiat buah naga, kegunaan buah naga, pentingnya buah naga, efek buah naga, manfaat buah naga, manfaat buah naga merah, khasiat buah naga putih, manfaat buah naga merah untuk kesehatan, manfaat buah naga merah untuk kecantikan, manfaat buah naga untuk diet, khasiat buah naga untuk ibu mengandung, khasiat buah naga untuk bayi, manfaat buah naga merah bagi ibu hamil, khasiat buah naga merah

manfaat buah naga, khasiat buah naga, kegunaan buah naga, pentingnya buah naga, efek buah naga, manfaat buah naga, manfaat buah naga merah, khasiat buah naga putih, manfaat buah naga merah untuk kesehatan, manfaat buah naga merah untuk kecantikan, manfaat buah naga untuk diet, khasiat buah naga untuk ibu mengandung, khasiat buah naga untuk bayi, manfaat buah naga merah bagi ibu hamil, khasiat buah naga merah

Kadar Nutrisi yang Tinggi

Terdapat banyak kandungan yang memiliki nilai manfaat pada buah naga, seperti vitamin, protein, kalium dan masih banyak lagi kandungan di dalamnya. Ketika ibu hamil mengkonsumsi buah naga maka akan banyak kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya sehingga bermanfaat bagi bayinya.

Selain itu buah naga juga mengandung vitamin B1, yang dipercaya sangat baik bagi pertumbuhan janin, dapat merangsang penyerapan protein, dan membantu membakar karbohidrat sehingga menjadi energy.

Cara makan buah naga

Kandungan nutrisi yang sangat tinggi dalam buah naga sangat penting bagi ibu hamil, sehingga mengkonsumsi buah naga ini sangatlah dianjurkan. Supaya tidak merasa bosan, makanlah dengan bervariasi.


Pada dasarnya buah ini dapat dimakan secara langsung dengan hanya dikupas. Namun untuk lebih menggugah selera, anda dapat mencampurnya dengan es, susu atau menjadikannya jus. Dapat juga dijadikan bahan campuran untuk soup buah.

Share Artikel ini ke Teman
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Artikel Terkait


Leave a Reply or Question