★ efek samping daun sirsak ★

Efek Samping Rebusan Daun Sirsak Jika Dikonsumsi Berlebih

Efek samping rebusan daun sirsak dapat dirasakan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai aturan. Sudah banyak diketahui bahwa daun sirsak merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Rebusan daun sirsak yang mengandung zat-zat berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Penyakit tersebut antara lain hipertensi, kelebihan kolesterol, asam urat dan masih banyak lagi.

Efek samping rebusan daun sirsak diminum berlebihan

Ketika seseorang menderita suatu penyakit, sangat wajar jika ingin mencoba berbagai cara untuk dapat sembuh. Termasuk dengan langkah herbal mengonsumsi rebusan daun sirsak. Banyak orang yang terlalu semangat untuk sembuh menjadi tidak terkontrol dan mengonsumsinya secara berlebih. Konsumsi rebusan daun sirsak berlebih justru dapat mendatangkan banyak efek samping negatif berikut ini:

  • Meningkatkan kadar asam lambung

Konsumsi air rebusan daun sirsak berlebihan dapat menyebabkan efek samping daun sirsak bagi penderita maag atau masalah lambung lainnya. Hal ini karena daun sirsak mengandung senyawa yang mampu meningkatkan kadar asam lambung. Apabila hal ini terjadi, segera imbangi dengan mengonsumsi susu kambing, jahe, lidah buaya, kacang hijau, kunyit, atau sayuran dan buah.

  • Menyebabkan konstipasi

Efek samping konsumsi rebusan daun sirsak yang kedua adalah terjadinya konstipasi atau sembelit. Hal ini terjadi karena senyawa dalam daun sirsak mampu meningkatkan kekentalan lendir dalam usus yang membuat nutrisi makanan sulit terserap. Oleh karenanya, saat mengkonsumsi obat herbal ini perlu diimbangi dengan konsumsi banyak serat.

  • Menurunkan fungsi hati

Hal yang lebih mengerikan, konsumsi rebusan daun sirsak secara berlebihan juga mampu memberi efek negatif terhadap fungsi hati. Penurunan fungsi hati dapat terjadi karena hati harus bekerja ekstra dalam memilah racun serta zat kimia yang terkandung. Fungsi hati yang menurun dapat menyebabkan berbagai penyakit.

  • Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan juga dapat terjadi apabila terlalu banyak mengonsumsi rebusan daun sirsak. Daun sirsak bersifat diuretik yang dapat meluruhkan semua toksin termasuk yang berbentuk cairan. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi banyak air putih, dehidrasi tak bisa dihalau.

  • Membahayakan kesehatan janin dan ibu hamil

Bagi ibu hamil dan menyusui sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Hal ini dikarenakan kandungan zat dalam daun sirsak di sinyalir dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

  • Mengganggu kinerja ginjal

Efek daun sirsak terhadap ginjal juga dapat terasa jika dikonsumsi dalam takaran banyak, ginjal harus ekstra bekerja dalam proses penyaringannya. Akibat fatal atas efek samping ini adalah terkena penyakit gagal ginjal.

  • Nyeri otot dan sendi

Walaupun daun sirsak dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Namun siapa sangka jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot yang cukup parah. Efek samping yang satu ini memang masih menjadi pro dan kontra. Tapi menurut pengalaman, nyeri otot dan sendi akan berangsur hilang saat berhenti mengonsumsi rebusan daun sirsak.

  • Tubuh terasa panas

Mengonsumsi rebusan daun sirsak berlebihan juga mampu membuat tubuh merasa kepanasan. Beberapa indikasinya antara lain perut terasa seperti terbakar, keringat mengucur deras, lemas hingga merasa cemas dan nafsu makan turun drastis.

Efek Samping Rifampisin, Obat Antibiotik/Infeksi yg Banyak Dicari

Walaupun optimis untuk sembuh dari sebuah penyakit itu baik, namun mengonsumsi obat secara berlebihan tidaklah dianjurkan. Meski herbal, namun efek samping rebusan daun sirsak seperti yang dijelaskan di atas justru akan membuat masalah kesehatan yang baru.

Usia Hamil 1 s/d 40 Minggu
Pre Wedding
Henna Art
Pernikahan
Gifts / Kado
Tips Kesehatan
Tips Finansial
Tips Kecantikan
Tips Fashion
Pil/Suntik KB
Resep Masakan
Program Hamil
Tips Ibu Hamil
Janin 1-9 Bulan
Baby Moon
Info Persalinan
PreeKlampsia
ASI dan MPASI
Info Imunisasi
Baby and Kids
Tips Parenting
❣✪❣ DAFTAR ISI [920+ Artikel] ❣✪❣

♨ ARTIKEL TERBARU ♨

Berbagai Inspirasi Model Kebaya Pengantin Batak Terbaru

Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirih, Efek No 3 Berbahaya !!

Efek Samping Nutrafor White Beauty, Testy dan Review Lengkap

Model Kebaya Jawa Klasik dan Tradisional Vintage Menawan

Efek Samping Omeprazole Obat untuk Asam Lambung Tinggi

Efek Samping Prolacta DHA Baby pada Balita & Anak Usia

4 Model Kebaya Hijab Modern Kekinian yang Cantik Elegan


★ cara mengatasi kembung saat hamil 8 ★ prewedding simple indoor ★ minum kiranti bisa mempercepat haid ★ perkembangan janin 7 bulan ★ ngidam tidur pagi apakah berbahaya ★ baju yg cock untuk bumil ★ pintu rumah minimalis 2 pintu besar kecil ★ mimpi di setubuhi pria ★ manfaat prolacta baby ★ resep rawon setan ★