Efek Samping Kayu Manis pada Pemakaiannya yang Berlebihan

Efek samping kayu manis ternyata buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Kayu manis merupakan salah satu jenis bahan rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan.

Manfaat kayu manis bagi kesehatan antara lain : Mengontrol gula darah, Anti infeksi, Meningkatkan fungsi otak, Mengontrol gula darah, Menurunkan kolesterol, Mencegah pertumbuhan sel kanker, Menghangatkan tubuh, Mencegah penggumpalan darah. Selain itu, kayu manis ternyata juga banyak digunakan menjadi campuran kue, salad, minuman, dan masih banyak lagi.

Efek samping kayu manis yang wajib diketahui

Segala bahan makanan yang dikonsumsi secara berlebihan tentu memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan. Termasuk konsumsi kayu manis. Kayu manis tidak baik dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama.

efek samping kayu manis efek samping kayu manis dampak kayu manis efek samping kayu manis

Berikut ini adalah daftar efek samping bubuk kayu manis yang dapat muncul:

  1. Jantung berdebar

Saat ini kayu manis banyak disajikan dalam berbagai bentuk seperti bubuk atau serbuk hingga dalam bentuk minyak. Konsumsi minyak kayu manis dalam intensitas yang sering dapat meningkatkan denyut jantung secara berlebihan.

Hal tersebut membuat jantung terasa berdebar. Tentu saja jantung berdenyut terlalu cepat atau keras memiliki efek buruk bagi kesehatan karena proses pompa darah yang tidak ideal atau normal.

  1. Memicu penyakit liver

Terdapat beberapa jenis kayu manis salah satunya adalah coumarin. Konsumsi coumarin dengan dosis yang tinggi menyebabkan penyakit liver. Konsumsi kayu manis jenis yang satu ini harus benar-benar hati-hati dan bijak supaya hal tersebut tidak terjadi.

  1. Menyebabkan kelahiran premature

Ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi kayu manis secara berlebihan. bahkan ada pula pendapat bahwa ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi kayu manis. Hal ini dikarenakan konsumsi kayu manis dapat memicu kontraksi dan menyebabkan kelahiran terlalu cepat atau premature.

  1. Memicu iritasi kulit

Selain dikonsumsi, kayu manis juga sering digunakan untuk masker. Ternyata terdapat efek samping masker kayu manis dapat terjadi pada kulit yang sensitive. Beberapa efek samping atau alergi yang sering muncul antara lain gatal-gatal hingga kulit terasa terbakar.

  1. Menyebabkan sesak nafas

Konsumsi kayu manis secara langsung tanpa tambahan air juga dapat menyebabkan efek samping yang sangat serius. Leher akan terasa tercekik dan sesak nafas tidak dapat terhindarkan. Konsumsi secara langsung bubuk kayu manis tanpa air menimbulkan infeksi dada dan saluran pernapasan yang cukup serius. Bahkan dapat melukai paru-paru. Efek paling buruknya adalah menyebabkan kematian.

  1. Mengencerkan darah

Kayu manis juga dapat mengencerkan darah. Hal ini tentu tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat menderita penyakit jantung. Pengenceran darah hanya akan memperburuk kondisi kesehatan para penderita penyakit jantung hingga menyebabkan kematian.

  1. Radang mulut dan tenggorokan

Konsumsi kayu manis berlebihan apalagi dalam bentuk bubuk tidak bagus bagi mulut dan tenggorokan. Kandungan cinnamaldehide menyebabkan inflamasi. Tidak hanya radang mulut dan tenggorokan, tapi juga bisa menimbulkan sariawan, amandel, lidah berkerak, dsb.


Efek Samping Cream Rose

Di samping keharuman dan rasa unik kayu manis yang dapat memperlezat cita rasa makanan, terdapat efek samping negatif jika dikonsumsi berlebihan. Efek samping kayu manis di atas tidak akan terjadi apabila mengonsumsi kayu manis dalam takaran yang wajar.

Share Artikel ini ke Teman
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Artikel Terkait


Leave a Reply or Question