Cara Merawat Bayi Kembar, Step by Step [with Picture]

Cara merawat bayi kembar sangat dibutuhkan bagi mereka yang dikaruniai anak kembar. Bagi mereka yang diberikan anak kembar, biasanya akan merasakan kerepotan dalam mengasuh anak-anak tersebut.

Dalam menangani kedua permasalahan yang dayang dari kedua anak tersebut, tidak dapat ditangani secara bersamaan. Untuk itulah diperlukan manajemen yang baik. Orang tua dituntut unetu memberikan waktu yang berimbang bagi kedua anak kembar mereka.

Selain waktu yang seimbang, para orang tua bayi kembar juga harus bersikap adil dalam memberikan perhatian dan kasih sayangnya. Kasih sayang dan perhatian yang seimbang dapat membuat anak merasa tidak dibeda-bedakan dengan saudara kembarnya. Berikut adalah beberapa cara dalam merawat bayi kembar.

Cara Merawat Bayi Kembar dengan Mudah

Cara merawat bayi kembar dengan cara sederhana adalah dengan membagi waktu yang adil bagi kedua bayi. Sebagai orang tua, Anda dituntut untuk memberikan perhatian yang total kepada anaknya. Agar kedua bayi kembar mendapatkan perhatian yang sama besar, orangtua harus berupaya agar waktu yang mereka miliki benar-benar merupakan waktu yang berkualitas bagi buah hati mereka.

Dalam memberikan sandang bayi, ada baiknya jika orangtua memberikan hal yang sama dan tidak berbeda. Hal ini dilakukan agar tidak ada perbedaan dalam memberikan segala kebutuhan sang bayi. Untuk membedakan antara barang-barang bayi, orangtua dapat membedakannya dengan warna.

Selain masalah sandang, biasanya bayi membutuhkan keperluan lain seperti makan. Sebagai orangtua pastinya tidak dapat memberikan makan pada waktu yang bersamaan. Dalam keadaan seperti inilah manajemen waktu sangat dibutuhkan. Orangtua dapat menjatah waktu makan pada setiap bayinya. Dengan pemberian waktu tersebut, setiap bayi akan mendapatkan nutrisi yang sama dengan perhatian yang sama pula.

Cara merawat bayi kembar yang lain adalah dengan tidak membeda-bedakan antara bayi yang satu dengan yang lain. Jika orangtua membedakannya, maka pada usia tertentu sang anak akan merasakan perbedaan tersebut dan dapat mengakibatkan sang anak merasa minder terhadap saudaranya sendiri

Perasaan minder sering kali timbul pada anak saat mereka beranjak dewasa dan sudah dapat merasakan lingkungan sekitar. Agar perasaan minder tidak timbul pada anak, orangtua harus memberikan perlakuan yang sama kepada kedua anaknya. Perlakuan yang sama yang akan diberikan kepada anak kembar tidak hanya mengenai sandang dan pangan saja.

Perhatian berupa kasih sayang merupakan kunci utama dalam pembentukan karakter anak. Alasan seperti inilah yang membuat orangtua berlomba-lomba untuk memberikan perhatian yang penuh kepada kedua anak kembar mereka.

Orangtua berperan penting dalam membentuk karakter anaknya. Mereka yang paham akan hal tersebut akan berusaha memberikan apapun yang mereka miliki kepada anak kembar mereka dengan adil dan tidak memihak. Agar anak kembar mereka mendapatkan perlakuan yang sama, orangtua harus mengetahui dengan benar cara merawat bayi kembar dengan baik.





SUB KATEGORI ARTIKEL
Usia Hamil 1 s/d 40 Minggu
Resep Masakan
Desain Rumah
Wisata Kuliner
Pre Wedding
Henna Art
Tips Kesehatan
Tips Finansial
Tips Kecantikan
Tips Fashion
Program Hamil
Tips Ibu Hamil
Janin 1-9 Bulan
Info Persalinan
ASI dan MPASI
Info Imunisasi
Baby and Kids
Tips Parenting
Pil/Suntik KB