Pentingnya Membuat Aturan yang Harus Diterapkan pada Anak

Dunia anak adalah dunia yang penuh kebebasan. Banyak orang tua memberikan toleransi kepada buah hati dengan alasan karena mereka masih anak-anak. Tetapi memberikan terlalu banyak keringanan pada anak  tidak selamanya benar.

Orang tua sebaiknya tetap memikirkan aturan yang harus diterapkan pada anak. Menerapkan peraturan pada anak bertujuan agar para anak menjadi lebih dewasa serta tidak berbuat seenaknya.  Aturan-aturan yang dibuat tidak perlu terlalu banyak. Mulailah dengan membuat aturan-aturan yang sederhana.

Aturan yang harus diterapkan pada anak agar mereka tidak berbuat semaunya adalah

  • Tetapkan jadwal kegiatan sehari-hari pada anak

Membuat aturan tentang ketetapan waktu sangat penting untuk si kecil. Buatlah patokan tentang kapan jam belajar, waktu main , waktu makan, serta waktu tidur pada anak. Selain membuat kegiatan harian mereka lebih terstruktur, menentukan jadwal juga dapat melatih anak berlaku disiplin.

  • Tunjukkan aturan mengenai tata krama

Anak kecil tidak berarti bebas melakukan perbuatan yang melanggar kesopanan dan tata krama. Kenalkankan perbuatan-perbuatan yang berpedoman pada etika seperti tidak boleh duduk di atas meja atau harus berbicara dengan yang lebih sopan kepada orang yang lebih tua. Apabila anak tidak diajari berperilaku sopan sejak dini, sangat mungkin mereka akan tumbuh menjadi anak yang liar.

  • Berilah pekerjaan rumah pada anak

Seorang anak tidak melulu harus belajar dan bermain. Rutinitas belajar dan bermain saja akan membuat anak jenuh akan kehidupannya. Cobalah untuk melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah. Pekerjaan yang paling sederhana adalah dengan menyuruh anak untuk membereskan tempat tidurnya sendiri. Apabila sang buah hati sudah mengerti, maka berilah mereka pekerjaan yang lebih bervariasi. Misalnya menyiram bunga atau menyapu teras.

  • Jangan selalu menuruti keinginan anak

Banyak orang tua yang memanjakan anak mereka dengan cara menuruti segala kemauannya. Tanpa disadari, hal itu dapat membuat anak menjadi tidak bersyukur dan selalu menuntut. Itu akan menimbulkan dampak buruk di kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial mereka nantinya. Sebaiknya mengendalikan kemauan sang buah hati agar mereka senantiasa menjadi anak yang pandai bersyukur. Usahakan memberi alsan logis dan dampak nya dengan bahasa yang mudah dimengerti.

  • Ajari mereka menabung

Anak kecil belum bisa membedakan barang yang mahal ataupun barang yang murah. Anak cenderung ingin memiliki mainan atau benda yang mereka sukai tanpa peduli berapa harganya. Jangan membiarkan anak menghambur-hamburkan uang demi mainan yang harganya selangit. Biasakanlah hidup hemat sejak dini pada anak.

Aturan yang harus diterapkan pada anak tidak perlu terlalu rumit dan strict. Aturan yang berlebihan dapat membuat anak merasa terkekang bahkan dapat menimbulkan rasa benci anak kepada orang tua. Aturan-aturan yang dibuat juga harus ada batasnya jangan sampai membuat anak menjadi tersiksa.