Aktivitas Bahaya Saat Hamil yang Sebaiknya Dihindari

Ada banyak sekali Aktivitas Bahaya Saat Hamil yang harus dihindari oleh para ibu hamil. Masa kehamilan merupakan masa yang cukup krusial untuk seorang wanita. Seorang wanita yang sedang hamil harus benar-benar menjaga kesehatan tubuhnya.

Tidak hanya itu, wanita yang sedang hamil sebaiknya juga menghindari berbagai macam kegiatan yang dapat membahayakan dirinya sendiri dan juga janin yang ada di dalam kandungannya.


Ada banyak sekali kegiatan ataupun aktivitas berbahaya yang sebaiknya tidak dilakukan di masa kehamilan. Beberapa aktivitas berbahaya tersebut yaitu :

aktifitas bahaya saat hamil muda aktivitas bahaya saat hamil

Beberapa Aktivitas Bahaya Saat Hamil

  1. Merokok atau Menghirup Asap RokokĀ 

Merokok dapat menimbulkan berbagai macam keluhan dan juga penyakit pada tubuh ibu hamil dan juga kandungannya. Ibu hamil yang merokok cenderung lebih beresiko mengalami keguguran, selain itu, bayi yang dilahirkan oleh ibu seorang perokok juga lebih beresiko terlahir dalam kondisi cacat.

bahaya asap rokok bagi ibu hamil

  1. Mengonsumsi Alkohol

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa alkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk ibu hamil. Ibu hamil yang mengonsumsi alkohol cenderung lebih beresiko mengalami keguguran. Bayi yang berhasil terlahir dari seorang pecandu alkohol juga lebih beresiko mengalami cacat mental, dan juga cacat fisik.

olahraga untuk ibu hamil

  1. Olahraga Beresiko Tinggi

Aktivitas berbahaya saat hamil yang berikutnya adalah olah raga beresiko tinggi. Olah raga memang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh di masa kehamilan. Akan tetapi, olah raga yang terlalu beresiko seperti panjat tebing, lari, ataupun olah raga taekwondo, sebaiknya dihindari di masa-masa kehamilan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari ibu terjatuh ketika sedan berolah raga.

  1. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Menggunakan sepatu hak tinggi membuat posisi tubuh menjadi tidak stabil sehingga lebih beresiko terjatuh. Jika sudah terjatuh, ibu dapat membayakan dirinya sendiri dan juga janin yang ada di dalam kandungannya.

Ibu hamil susah tidur

  1. Tidur Terlentang

Aktivitas bahaya saat hamil yang terakhir adalah tidur terlentang. Tidur terlentang dapat mengakibatkan janin kekurangan suplai oksigen. Suplay oksigen yang kurang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan janin. Selain itu, posisi tidur terlentang juga dapat memberikan beban berlebih pada bagian tulang punggung ibu. Hal ini dapat membuat ibu mengalami berbagai macam keluhan seperti sakit punggung dan juga sesak nafas.


TAGs: aktifitas bahaya kehamilan, aktivitas yang perlu dihindari saat masa hamil

Scroll Up