>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Adab dan Doa Masuk Kamar Mandi

“Kebersihan adalah sebagian dari iman” Pepatah bijak tersebut bukanlah hal asing di telinga kita, salah satu menjaga kebersihan adalah dengan membersihkan diri atau mandi. Orang Indonesia sendiri biasanya mempunyai kebiasaan mandi dua kali sehari.

Oleh sebab itu rutinitas ke kamar mandi merupakan aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan manusia, baik untuk membersihkan diri maupun buang hajat.

Bahkan kamar mandi memang dianggap sebagai sesuatu yang penting, khususnya dari segi kesehatan. Oleh sebab itu, salah satu program pemerintah adalah menyediakan sanitasi yang baik.

Menurut sejumlah fakta, mandi juga bisa meningkatkan kesehatan dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan bakteri, kuman, maupun virus yang menjangkiti tubuh manusia akan hilang dan berkurang seiring dengan mengalirnya air saat orang tersebut mandi. Selain itu banyak juga dikabarkan para orang tua renta yang banyak terpeseleset di kamar mandi dan berujung fatal.

Sebagai seorang muslim, aktivitas sehari-hari kita tidaklah sekadar kegiatan belaka. Segalanya sudah diatur dan niatkan sebagai amalan.

Dalam Islam, segala rutinitas dipandu semata-mata untuk mencari keridhaan Allah. Islam yang merupakan rahmat bagi seluruh alam ini pun telah mengatur adab-adab masuk dan keluar dari kamar mandi.

Salah satu adab masuk kamar mandi adalah disunnahkan masuk kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri dan tidak lupa berdoa. Doa merupakan permohonan kepada Allah SWT agar seorang hamba senantiasa dilindungi.doa masuk kamar mandi doa masuk kamar mandi doa masuk kamar mandi doa masuk kamar mandi doa masuk kamar mandi

Doa masuk kamar mandi adalah sebagai berikut:

Allahuma inni a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi

Artinya: “ Ya Allah aku berlindung dari godaan setan laki-laki dan setan permepuan”

Setelah di dalam kamar mandi hendaknya kita tidak berlama-lama dan segera lekas menyelesaikan rutinitas mandi kita. Sebab, salah satu tempat setan dan jin adalah di kamar mandi.

Saat mandi pun sebaiknya kita memulai dari hal-hal yang kanan terlebih dahulu.

Setelah kegiatan mandi selesai, sebaiknya kita segera keluar kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan dan juga berdoa. Jangan bersifat mubazir, maksudnya gunakan keperluan mandi secukupnya. Sebab mubazir adalah perbuatan sia-sia yang disukai setan.

Setelah badan dirasa bersih, sebaiknya segera sudahi aktivitas mandi dan bergegas untuk melaksanakan kegiatan lain.

Doa keluar kamar mandi adalah sebagai berikut:

Gufranakalhamdulillahi ladzi adzhaba anil adza wa afani

Artinya: “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji bagi Allah yang telah mengeluarkan kotoran dan menyejahterakan”

Begitulah tata cara yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Sebagai seorang muslim kita juga harus percaya bahawa semata-mata yang dicontohkan Rasulullah pastilah membawa kebaikan dan bukan sekadar anjuran belaka.

Setelah mengetahui anjuran atau sunnah-sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW, sebaiknya kita melaksanakan agar hal-hal yang kita lakukan bernilai ibadah. Semoga amalan-amalan yang kita lakukan senantiasa berpahala karena semata-mata dilakukan dengan mengharap Ridha Allah SWT.