>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

7 Obat Sakit Perut Pada Balita yang Mujarab

Balita sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri seperti sakit perut sehingga sebagai orang tua harus mengetahui obat sakit perut pada balita yang aman dan nyaman dikonsumsi untuk si buah hati. Sakit perut pada anak-anak pada umumnya disebabkan oleh makanan yang mereka konsumsi, terjadi peregangan otot pada bagian perut, dan stress secara psikologis. Obat yang aman dan tidak mengandung bahan kimia adalah obat dari bahan herbal yang memiliki kandungan zat yang dapat meredakan sakit perut pada anak.obat sakit perut pada balita

Inilah 7 Obat Sakit Perut Pada Balita

Obat herbal lebih aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping negatif karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga cocok dikonsumsi bagi balita. Berikut beberapa obat sakit perut pada balita yang alami:obat sakit perut pada balita

  1. Teh

Teh merupakan salah satu minuman herbal yang kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Minuman ini juga dapat mengatasi sakit perut pada balita karena teh yang disajikan hangat mampu melemaskan ketegangan otot perut dan menenangkannya, selain itu minuman ini juga memiliki manfaat sebagai anti radang. Bunda dapat menambahkan madu ke dalam minuman herbal ini untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil.

  1. Mengatur pola makan dan minum

Saat si kecil sakit perut, Bunda dapat mengatasi dan mencegahnya dengan mengatur kembali makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil. Sebaiknya sediakan makanan dalam porsi kecil dan meningkatkan frekuensi waktu makan sehingga sistem pencernaan si kecil dapat bekerja secara maksimal dan baik. Bunda juga harus menghindari menu makanan dan minuman yang mengandung kafein dan juga soda. Sebaiknya si kecil lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi terutama saat mereka diare.

  1. Memberikan penghangat

Bunda dapat meletakkan penghangat pada bagian perut si kecil untuk meredakan sakit perut pada balita dan menenangkan si kecil karena rasa hangat dapat melancarkan aliran peredaran darah. Penghangat yang dapat digunakan diantaranya adalah botol yang berisi air panas, mengoleskan minyak yang menimbulkan sensasi panas, dan masih banyak lainnya.

  1. Yogurt

Yogurt sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan khususnya kesehatan usus, karena yogurt mengandung bakteri baik yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan kerja usus. Jika si kecil mengalami diare yang ditandai dengan BAB lebih dari 3 kali dalam sehari maka sebaiknya Bunda memberikan yogurt untuk si kecil.

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai minuman penghangat badan. Tanaman herbal ini mengandung gingerol yang bersifat sebagai antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Gingerol pada jahe juga efektif untuk mengatasi rasa mual dan menetralkan pH asam lambung sehingga dapat mengatasi sakit perut. Inilah obat sakit perut pada balita yang aman dikonsumsi tanpa efek samping.

  1. Beraktivitas fisik di luar

Salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah terjadinya sakit perut pada balita yaitu membiarkan mereka bermain dan beraktivitas fisik diluar. Aktivitas fisik dapat memperlancar kerja sistem pencernaan sehingga dapat terhindar dari masalah sakit perut. Kegiatan yang dapat dilakukan si kecil di luar rumah diantaranya yaitu bersepeda, berlari, jalan-jalan, dan masih banyak lainnya.

  1. Makanan tawar

Sakit perut pada anak banyak disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya sehingga Bunda dapat memberikan makanan tawar untuk mengembalikan fungsi sistem pencernaan mereka. Makanan tawar yang dapat diberikan diantaranya adalah roti tawar, nasi, yogurt, dan bubur. Jangan memberikan makanan yang mengandung bumbu terlalu kuat, pedas, dan berminyak.

Demikian informasi seputar obat sakit perut pada balita yang aman dan tidak menimbulkan efek samping negatif.